Rabu, 24 Januari 2007

Ikhwan Sejati Pilihan Alloh ...



Assalamu'alaikum wr wb,

Menjadi seorang ikhwan sejati pilihan Alloh, sehingga senantiasa berada dalam lindungan rahmat dan kasihnya senantiasa menjadi dambaan para kaum Adam, apalagi jika mengingat kelak insyaAlloh akan adanya seorang hamba yang dititipkan-Nya untuk kita bimbing menjadi seorang istri sholehah ...
Wah subhanalloh ...
Beberapa waktu yang lalu sampai saat ini, menjadikan saya tertarik akan bahasan ini. Beberapa buku saya cari tak lupa beberapa situs juga saya kunjungi untuk mengetahui lebih jauh bagaimana kriteria seorang ikhwan sejati itu, hasilnya ... Saya menemukan beberapa postingan temen-temen mengenai kriteria dan panduan untuk menjadi ikhwan sejati itu.

Beberapa tulisan mereka seperti berikut ini,
  • Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari bahunya yang kekar, Tetapi dari kasih sayangnya pada orang di sekitarnya
  • Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari suaranya yang lantang, Tetapi dari kelembutan mengatakan kebenaran
  • Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari jumlah sahabat di sekitarnya, Tetapi dari sikap bersahabatnya pada generasi muda bangsa
  • Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari bagaimana dia dihormati di tempat kerja, Tetapi bagaiman dia dihormati di dalam rumah
  • Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari kerasnya pukulan, Tetapi dari sikap bijaknya memahami persoalan
  • Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari dadanya yang bidang, Tetapi dari hati yang ada di balik itu
  • Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari banyaknya akhwat yang memuja, Tetapi dari komitmennya terhadap akhwat yang dicintainya
  • Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari jumlah barbel yang dibebankan, Tetapi dari tabahnya dia menjalani lika liku kehidupan
  • Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari kerasnya dia membaca Qur'an, Tetapi dari konsistennya dia menjalankan apa yang dia baca
Beberapa hari kemudian, dalam sebuah acara tanpa diduga, sebuah bingkisan saya dapatkan. Ketika saya buka, tidak lebih dari sebuah sticker lucu nan penuh makna tersirat padanya,

Rajulun Shaleh,
Lelaki yang kehadirannya senantiasa dirindukan oleh Surga
  • Khusyu dalam sholatnya
  • Menjauhkan diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak berguna
  • Menjaga farajnya (kemaluannya), kecuali pada istrinya
  • Ahli shaum dan selalu menunaikan zakat
  • Senantiasa menundukkan pandangan
  • Bersih aqidahnya, sehat rohaninya
  • Benar dalam ibadahnya
  • Jiwanya senantiasa bersunguh-sungguh
  • Mampu berusaha mencari nafkah
  • Bermanfaat bagi orang lain
  • Senantiasa siap menolong
  • Selalu yakin dalam setiap tindakannya
  • Berpikir positif dan membangun
  • Rendah hati (tawadhu)
  • Selalu menghindari perkara yang samar-samar (syubhat)
  • Pemaaf dan lapang dada
  • Bersikap keras dan tegas terhadap kekafiran
  • Efisien dalam memanfaatkan waktu
  • Istiqomah dalam kebenaran.
Do'akan kami semoga bisa menjadi sesorang yang memiliki pribadi suci seperti itu, Amiiin

Wassalamu'alaikum wr wb

24 komentar:

  1. assalamu'alaikum, ane minta artikelnya

    BalasHapus
  2. Mmmm....smoga ane bisa mendapatkan pendamping rojulun sholeh nan cerdas..amiiin..:)

    BalasHapus
  3. Hehehe, ane rada2 trauma liat diatas tuh.. takut2 tiba2 murabbi bilang ke ane"antum udah siap nikah lom?, kalo udah ane ada calon" OMG kalo itu bener2 terjadi... abisnya ada temen ane udah kena juga... Pastinya gak tau mau jawab apa... . maysyah lom jelas.... emang sih rezeki dari allah tapi kita harus perhitungan juga...( gak ngerti ane tentang ini)..sekrang taunya berjalan dengan cara ane... lom mikir cari istri.....

    BalasHapus
  4. Mudah-mudahan aja cepet siap ya akh ... ?
    :D

    BalasHapus
  5. sekrang sering2 aja puasa.. biar gak tergoda....

    BalasHapus
  6. kok wele2 bang hasyim... udah ada calon ? :p

    BalasHapus
  7. wakkakakaka.. abang sendiri aja lom... masa adek doloan yang nikah...kasian abang nya terlampaui...

    BalasHapus
  8. pokoknya menikahlah!!!!!! :P

    BalasHapus
  9. ntar bang insya allah 3 taon lagi..;p

    BalasHapus
  10. yooook.........yooook......... :P

    BalasHapus
  11. iya sedikit-sedikit menuju pribadi seorang ikhwan sejati ...

    BalasHapus
  12. ayo bang hasyim nikah lagi... jgn nunggu ane.. ntar ane udah punya anak 3 abang lom nikah lagi :p XD xD xD

    BalasHapus
  13. rojulun saleh.. bisa diganti mar'atushshaliihah kan..??
    belajar selalu tuk jadi mar'atusshalihah :)

    BalasHapus
  14. semoga ana mendapatkan akhwat sejati.....
    amien

    BalasHapus