Kamis, 23 Mei 2013

Menjelajah Bis APTB Rute Bekasi - Tanah Abang



Ini adalah hari kedua bis Angkutan Perbatasan Terintergrasi Busway (APTB) jurusan Bekasi - Tanah Abang dioperasikan. Meskipun sempat mendapat kekhawatiran akan sepi peminat seperti halnya APTB jurusan Bekasi - Pulogadung, namun ternyata akhirnya bis APTB dengan rute ini di operasikan juga..

Berikut cerita saya ketika pagi tadi berkesempatan untuk bisa mencoba menggunakan satu lagi pilihan moda transportasi masal di kota ini. Setelah menunggu bis jurusan Bekasi Barat - Blok M yang biasanya melintas di kawasan Cut Mutia agak lama namun tak kunjung tiba, ternyata yang melintas adalah bis APTB jurusan Bekasi Barat - Tanah Abang ini.

Sempat berpikir antara memilih naik atau tidak, sampai akhirnya kaki ini mengajak untuk berada di tangga menuju ke dalam sebuah ruangan bis yang pastinya masih sangat nyaman untuk dinaikki.

Pagi itu memang bis APTB jurusan Bekasi - Tanah Abang ini masih belum terlalu penuh, hanya ada beberapa orang penumpang saja yang ada disana. Pilihan berbagai posisi tempat duduk menjadi sesuatu yang wah jika dibandingkan dengan bis patas AC yang biasanya tidak jarang hanya menyisakan celah-celah untuk bergelantungan saja, karena telah sesak penuh oleh penumpang.

Saya memilih duduk di dekat pintu tengah. Ada 27 kursi yang tersedia untuk diduduki para penumpang, terbagi di bagian depan, belakang serta yang menghadap ke arah vertical jalan, serta tersedia juga 2 buah kursi untuk penumpang berkebutuhan khusus (seperti penumpang lanjut usia misalnya) yang berada tepat dihadapan saya saat itu.

Interior bis yang masih terlihat baru terlihat di hampir semua bagian dalam bis, termasuk lantai yang masih bersih. Bis ini juga menyediakan 2 buah pintu tengah di samping kiri dan kanan badan bis yang akan di gunakan di lajur busway TransJakarta, satu 2 pintu di sisi kiri sopir, satu pintu di bagian belakang dan satu pintu darurat di sisi kanan bis. Besi-besi yang melintang juga tersedia memanjang disertai oleh gantungan untuk kita jika tidak brkesempatan untuk mendapatkan tempat duduk.

aptb - transjakarta, aptb bekas, bis aptb bekasi, bis APTB Rute Bekasi - Tanah Abang, rute aptb bekasi
Bis APTB Rute Bekasi - Tanah Abang
Berjalan dari arah Cut Mutia, ternyata bis APTB Bekasi - Tanah Abang terbagi menjadi 2 rute, yaitu yang melewati jalur tol timur serta tol barat. Dan yang saya naiki saat itu adalah yang melewati jalur tol Barat tentunya.

Setelah melewati perempatan Rawa Panjang, perjalanan bis APTB yang saya tumpangi melaju menuju arah pertigaan Pekayon. Karena belum banyak tersedianya halte bis APTB, sehingga saat ini bis tersebut bisa menaikkan penumpang di halte-halte bis umum. Rute selanjutnya adalah menuju pintu tol Barat yang ada disamping Mall Metropolitan dan kemudian bis APTB jurusan Bekasi - Tanah Abang ini melaju di jalan tol menuju arah tol Dalam Kota.

DI Jatibening, bis ini sempat menaikkan beberapa penumpang di lajur yang telah disediakan oleh Jasamarga. Tentunya ini menjadi sebuah nilai tambah karena menjadi pilihan baru bagi para calon penumpang untuk bisa menikmati perjalanan menuju tempat kerja nya dalam kondisi yang lebih nyaman.

Setelah melalui kawasan Pondok Gede Garat, bis APTB ini akan keluar jalur tol menuju arah UKI, kemudian naik ke kawasan Cawang Atas dan mulai menelusuri jalur Busway di sepanjang jalan MT Haryono - Gatot Subroto.

Namun sayang, seandainya saja jalur busway ini sudah steril, maka perjalanan menggunakan bis APTB tentunya akan menjadi lebih nyaman. Tidak seperti hari ini, ketika jalur busway yang justru dikuasai oleh mobil-mobil pribadi, justru bis APTB yang keluar jalur mencari celah untuk bisa berjalan lebih cepat.

Karena belum sterilnya jalur tersebut, perjalanan dari tol Bekasi Barat hingga kawasan Komdak yang biasanya menempuh waktu selama 1-1.5 jam, ternyata dengan menggunakan bis APTB justru molor menjadi sekitar 2 jam. Setidaknya ini yang saya alami tadi pagi.

Setelah menurunkan penumpang di Halte Semanggi sebagai halte terakhir di jalur koridor 09 TransJakarta yang biasanya digunakan oleh bis TransJakarta jurusan Pinang Ranti - Pluit, bis APTB ini akan berbelok ke arah Sudirman dan kemudian kembali masuk jalur busway koridor 1.

Tujuan akhir dari bis APTB ini adalah memang Tanah Abang, dengan melalui jalur-jalur padat area perkantoran sehingga banyak kalangan yang melihat bahwa besar harapan bis APTB dengan rute ini akan jauh lebih baik dan maksimal dibandingkan dengan rute Bekasi - Pulogadung yang hingga kini malah sepi peminat.

Untuk tarif menggunakan moda transportasi ini, setiap penumpang dikenakan biaya ongkos sebesar Rp. 8.000,- saja, yang akan ditarik oleh sang kernet di dalam bis. Kita bisa meminta tiket disana yang tentu bisa digunakan untuk melanjutkan perjalanan menyusuri belasan rute TransJakarta yang sudah ada di Jakarta selanjutnya. Sedangkan jika anda ingin menggunakan rute ini ketika anda sudah berada di lajur TransJakarta, maka anda akan dikenakan tambahan Rp. 5.000,- (kalkulasi Rp. 3.500 (tiket busway) serta Rp. 5.000,- sehingga total hampir sama dengan tarif utama dari Bekasi - Tanah Abang yaitu sebesar Rp. 8.500,-

aptb - transjakarta, aptb bekas, bis aptb bekasi, bis APTB Rute Bekasi - Tanah Abang, rute aptb bekasi
Bis APTB Rute Bekasi - Tanah Abang
Jam operasional Bis APTB ini menurut sang kernet adalah dari jam 05.15 pagi hari hingga jam 20 malam. Untuk kita yang berada dari arah Jakarta yang akan menuju ke Bekasi, kita bisa membeli tiket APTB di halte-halte TransJakarta Busway yang dilewati oleh bis APTB ini.

Kehadiran APTB ini sangat membantu kita dalam bertransportasi, untuk itu tidak heran jika ini 7 alasan mengapa orang kini lebih memilih APTB untuk bertransportasi dari atau ke Jakarta.

Semoga dengan keberadaan bis APTB ini bisa menggugah hati para pemilik kendaraan pribadi untuk mulai mau bersama menggunakan sarana transportasi umum, untuk mengurangi kemacetan ibu kota kita.


50 komentar:

  1. maaf mau tanya itu kalo mau ke bekasi barat naik aptb yang dri mana?? tanah abang apa bunderan HI?? dari halte Bank Indonesia bida gk naknya dari situ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya bisa naik yang jurusan Mega Bekasi (Rute Mega Bekasi - Bundaran HI), atau bisa juga yang rute Tanah Abang - Bekasi, namun ditanya dulu yang ke arah tol barat atau timur, soalnya katanya rute tersebut dibagi 2.

      Halte Bank Indonesia sepertinya gak dilalui kedua rute tersebut mbak, jadi harus nyambung busway dulu.

      Hapus
  2. infonya bermanfaat sekali,
    sekalian nanya nih.. kalau dari rawa panjang APTB melewati gedung landmark sudirman tdk y?
    mksih..

    BalasHapus
  3. Paling bisa turun di halte Dukuh Atas pak, bu. Dari sana tinggal jalan ...

    BalasHapus
  4. Nice info gan.. Kl di tol bekasi barat jadwalnya jam berapa ya kl pagi suwun...

    BalasHapus
  5. maaf mau nanya, klo dari halte duku atas ke hotel horison bekasi (sampingnya metroploitan mall) bisa naik APTB g ya? mkasih

    BalasHapus
  6. @Anonim : Jadwalnya katanya start mulai dari Terminal Bekasi pukul 05.15, dan sekitar 20 menit berikutnya. Namun itu juga katanya berhubung armadanya masih sedikit disesuaikan dengan kondisi kemacetan, jadi kadang ga tentu juga.

    BalasHapus
  7. @Icha : Bisa mbak :)
    Naik yang jurusan Bekasi Barat, bukan Bekasi Timur

    BalasHapus
  8. nanya dong mas, aptb bekasi -bundarah HI sama bekasi -tanah abang, lewat berapa menit sekali? bisa turun dijatibening yah, turunnya pke pintu yg depan dong ya?

    BalasHapus
  9. kalau mau ke monas turunnya mana pak

    BalasHapus
  10. @zoya iya betul lewat pintu depan tau belakang, tapi untuk jadwalnya memang ga tentu kayaknya...

    BalasHapus
  11. @Henry Bisa nyambung di jalur koridor 1 (Blok M - Kota) pak, misal di sepanjang Bendungan Hilir sampai Sarinah, soalnya kalo APTB nanti belok ke arah Tanah Abang.

    BalasHapus
  12. mas andhika saya mau tanya, jadwal paling pagi jam berapa ya?apakah sudah ada info jadwal terbaru dan terupgrade untuk APTB Bekasi-HI?terima kasih banyak :)

    BalasHapus
  13. itu lewat kuningan ga yah?? saya mau ke epicentrum bisakah naik aptb dr bekasi??

    BalasHapus
  14. @devi wah saya juga blum dapat kabarnya mbak, tapi menurut kernetnya katanya tergantung macet apa ngga. Dulu katanya bis mulai keluar dari terminal sekitar jam 5.15 pagi

    BalasHapus
  15. @Anonim lewat halte kuningan barat, dari sana bisa lanjut menggunakan bis Transjakarta yang rute Ragunan

    BalasHapus
  16. Naik aptb ini harus beli tiket dulu atau lgsg hadang aja dihalte2 ya??
    #mohon info na..

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. @TriWulan kalo mau naik di halte langsung aja beli tiketnya tiket APTB, ga usah beli tiket TJ. Nah kalo misalnya udah beli tiket TJ trus mau naik APTB maka selama di jalur busway Jakarta hanya bayar 5 ribu, kalo lewat, misal ke bekasi jadi bayar 9 ribu (double harga tiket)

    BalasHapus
  19. mas nanya ya, kalau naik dari tol jatibening Rp.9000 dan kalo pulang kembali dari jalurbusway menuju tol bekasi bayarnya Rp5000 ke loket busway + Rp9000 di atas APTB ya ?
    mohon info yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anonim, kalo mau naik dari hate busway ga usah beli tiket busway, tinggal beli tiket APTB aja jadi tetep 9000

      Hapus
  20. Mas andika muu tnklo dr bksi tmur k gd berca yg jl palmerah utara naek apha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kebetulan saya kurang tahu gedung berca atau daerah palmerah, tapi saya coba googling katanya di kawasan slipi, jadi mungkin kalo mau pake APTB bisa turun di semanggi, lanjut pakai busway transjakarta yang ke Slipi. Mohon maaf...

      Hapus
  21. Mas Mau tanya kalo ke stasiun kota? Atau ke busway transjakarta transit harmoni center ngelewatin ga rute nya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling kita bisa turun pas di jalur koridor 1, dari sana lanjut pakai busway

      Hapus
  22. Maaf nih mau nanya..
    Kalo mau ke arah jakarta tapi naik aptb dari depan bekasi square itu aptb yg mana yaaa? Soalnya setau saya aptb bekasi itu ada 2 rute, Bekasi-HI dan Bekasi-Tanah Abang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang lewat bekasi square itu yang 07 (Bekasi - Tanah Abang) tapi yang lewat tol Barat.

      Hapus
  23. Mas,kalau mau ke balai kartini naik aptb bekasi-bundaran HI bisa?kira2 turun dimana ya,tlg info nya..makasih

    BalasHapus
  24. kalo jam operasionalnya paling update dari jam brp sampe jam brp ya? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo ini saya juga ga tau, soalnya sekarang semakin ga jelas jam nya (curcol) :D

      Hapus
  25. Memng bisa ya, kl naik aptb di tol jatibening? Ada polisii ngga kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba, biasanya PPD atau APTB Mayasari suka belok dulu ke tempat transit penumpang di Jatibening kok :)

      Hapus
  26. Mau tanya, kalo saya mau turun di daerah karet, saya naik aptb ppd atau aptb mayasari? Trus turunnya di halte mana? Trims :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di halte karet 2, karena sekarang halte karet yang lama (di bawah flyover) sudah dibongkar. Halte karet 2 ada tepat di depan hotel Le Meridien

      Hapus
  27. Maaf mau tanya kalo mau ke blok m dari bekasi naik aptb turunnya di koridor berapa ya? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turun di halte Bendungan Hilir, lanjut pake Bis Transjakarta yang ke arah Blok M

      Hapus
  28. mas andika,kalo ga salah sebelum halte busway gedung jamsostek itu halte tegal parang, bener ga ya??itu kalo naik aptb bekasi tanah abang (via bekasi timur) lewat dan bisa turun ga di halte tegal parang itu??maaf blm pernah naik tj atau aptb hehe ,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum halte jamsostek ada halte Kuningan Barat, baru Tegal Parang. Bisa harusnya turun di Tegal Parang mas

      Hapus
  29. blogs ini bermanfaat sekali pak dikdik apalagi kalau sudah nanya lagsug dijawab. nice..
    saya mau nanya juga deh kalau gitu. dari Bekasi Timur mau ke Gd.Smesco Ukm yg Jl.Gatot Subroto, turunnya dimna ya??
    skalian kalau pulangnya lagi naik apa & dimana ya??
    Thanks sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya telat jawabnya hehe, dari bekasi timur bisa naik aptb yang ke tanah abang (mayasari) atau ke Bundaran HI (PPD) turun di halte Pancoran Barat, pulangnya juga demikian sebaliknya

      Hapus
  30. Mas kalo mau ke central harmoni dr tol timur gmna ya?

    BalasHapus
  31. Mas, mau tanya klo ke plaza sinarmas tanah abang (depan hotel millenium) bisa naik aptb bekasi - tn.abang ga? Terus turunnya dimana? Makasih.

    BalasHapus
  32. mas nanya dong kalo mau ke menara jamsostek itu dari bekasi naik yg aptb mana yaa?
    trus pulangnya kalo dari halte menara jamsostek berarti harus punya kartu transjakartanya ya untuk pembayarannya?
    mohon di bantu. terimakasih

    BalasHapus
  33. dari stasiun pasar minggu ke halte tol jatibening naik apa?

    BalasHapus
  34. mohon infonya dikirim melalui email saya rri_irr@yahoo.co.id terimakasih

    BalasHapus
  35. maaf mas mau tanya...klo dari bekasi ke gedung menara global naik apa ya?

    BalasHapus
  36. maap saya mau tanya...klo ke menara global dr bekasi timur naik apa ya?

    BalasHapus
  37. Kalau mau naik aptb dari bekasi (baik barat atau timur), nunggunya dimana ya? Trus kalau mau ke semanggi, turunnya dimana? Mohon pencerahannya, terima kasih.

    BalasHapus
  38. Mau nanya gan, kalo dr jatibening ke palmerah selatan, naik bis apa y. Soal nya sy dr karawang. Terima kasih

    BalasHapus