Rabu, 21 Februari 2007

Sejenak berhibur diri ...





Assalamu'alaykum ...

Mudah-mudahan tidak salah ketika saya memasukkan tulisan ini kedalam blog untuk dipublish. Sebuah lirik dari sebuah grup nasyid Raihan sebetulnya yang mengawali niatan saya menuliskan hal ini.

"Berhibur tiada salahnya,
kerana hiburan itu indah,
Namun pabila salah memilihnya,
membuat kita jadi bersalah ..."

Memang betul ikhwah, tiada salahnya kita sejenak berhibur diri asalkan hiburan yang kita pilih adalah hiburan yang bermanfaat dan memiliki nilai tambah (value added katanya mah, red) bagi hidup kita. Begitu juga dengan sedikit yang akan saya ulas berikut ini.

Kecendrungan masyarakat sebagai penikmat hiburan salah satu media, sebut saja pertelevisian, mungkin agak melenceng akhir-akhir ini. Mereka memilih beberapa tayangan yang saya rasa bukan lagi bersifat menghibur, namun lebih menambah masalah. Perhatikan saja, berapa banyak tayangan sinetron yang content-nya tidak lebih dari sebuah gudang masalah yang daripadanya berlarut uraian-uraian kisah yang terus terang saja kadang sayapun terbawa emosi jika melihatnya.

Darisana mungkin kita bisa lebih bijak terhadap diri ini, sayangilah ia. Daripada melihat tayangan yang menambah masalah, mungkin alternative ini bisa kita pilih. Yaitu dengan memilih tayangan yang bisa membuat kita tersenyum salah satunya. Ada dua tayangan yang kadang-kadang saya nantikan kehadiran mereka di layar kaca, karena sedikit banyaknya memang biasanya membuat diri ini agak lebih rileks menghadapi hidup. Tayangan tersebut yaitu Extravaganza dan Serial TV Jomblo.

Mohon maaf bukan untuk promosi, namun menurut saya memang ketika kita melihat tayangan tersebut, kita bisa mengambil beberapa hikmah didalamnya.

Bagaimana untuk bisa selalu tampil ceria dan menghibur orang-orang disekeliling kita seperti halnya yang biasa ditampilkan oleh para pemain di Extravaganza, atau juga bagaimana menjaga kebersamaan antar sesama teman yang ditampilkan pada Serial TV Jomblo, dan masih banyak lagi.

Ini hanya dua contoh kecil yang mungkin bisa dijadikan alternative untuk dijadikan penghibur kita disaat kita bosan dengan aktivitas-aktivitas kita sehari-hari. Yang jelas jangan sampai kita salah memilih, ketika berniat mengurangi beban pikiran malahan menambah beban tersebut di pikiran kita. Dan satu lagi, tetap jangan lupa sebuah filter paling penting bagi kita adalah dengan senantiasa melihat apakah tayangan yang kita pilih bertentangan dengan dien kita atau tidak. Jaga keimanan kita ...

Insya Alloh ...



2 komentar:

  1. yup leres kang, tayangan TV sekarang mah bikin susah hati aja.
    Hanya karena rating meningkat saja mereka mempertahankan acara itu.

    BalasHapus
  2. Sediakan beberapa menit dari waktumu untuk berhibur, karena diri ini bisa penat, sebagaimana besi dapat berkarat

    BalasHapus