Kamis, 28 Juni 2007

Lebih dekat dengan beliau-beliau, para Ulama


Assalamu'alaykum wr wb,

Tidak terbayangkan bagaimana bahagianya para shahabat ketika bersama dengan Rasulullah SAW. Berada disamping ia, seorang manusia pilihan yang daripadanya tersampaikan -wahyu Illahi.

Satu hal yang tak akan mungkin dan tak akan pernah mungkin kita rasakan bagi kita ummatnya yang berada di penghujung zaman ini.

Namun, kiranya sungguh ke-Maha Adil-an Allah telah memberikan kepada kita sedikit menikmati merasakan bagaimana saat-saat kebersamaan dengan beliau, dikala kita berada bersama mereka para ulama, para penerus pemegang amanah penyampai risalah kepada ummat.

Bersyukur???

Tentunya itu menjadi sebuah jawaban nyata yang hendaknya memang kita lakukan ketika Alloh memberikannya kesempatan itu kepada kita. Berada diantara mereka yang mewarisi, yang lebih memahami tentang Islam.

Mudah-mudahan kita masih ingat dengan sebuah perumpamaan pedagang minyak wangi dan seorang pandai besi. Keberadaan kita ketika bersama dengan seorang pedagang minyak wangi tentunya sedikit banyaknya akan menjadikan kita wangi seperti halnya minyak wangi yang ia perniagakan. Namun, ketika keberadaan kita bersama seorang pandai besi, maka kitapun akan mendapatkan hal yang serupa.

Tentunya perumpamaan ini bukan berarti memojokkan posisi seorang pandai besi, namun ini hanyalah merupakan sebuah perumpamaan perbandingan dari dua hal yang cukup berbeda dari apa yang kita rasakan seandainya ketika bersama mereka.

Untuk itu, selagi usia masih berada bersama jiwa ini, tidak salah kiranya jika kita mencoba mendekat, menggali ilmu dari mereka yang lebih paham tentang Islam. Sehingga sedikit banyaknya, kitapun bisa terbawa, tergolong menjadi para pewaris pemegang amanah yang bisa lebih memahami akan ayat-ayat Illahi dan mampu membimbing ummat menuju cahaya Islam.

Wassalamu'alaykum wr wb ....

4 komentar:

  1. yup, dekat dgn org yg baik kita pasti jadi baik
    begitu juga sebaliknya kan?

    BalasHapus
  2. sahabatmu adalah cerminan jiwamu :-)

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah tinggal dekat dengan kediaman orang 2 shaleh..... semoga ikut ketularan...

    BalasHapus