Senin, 18 Juni 2007

Menengok kezuhudan beliau ...


Assalamu'alaykum wr wb,

Mungkin tak lagi banyak kita temui, satu insan seperti beliau. Seorang yang dengan keyakinannya ia tampakkan dalam menjalani kehidupan, yang dengan keyakinannya ia buktikan dalam segala ucap dan langkah dalam mengarungi hari-hari kehidupannya. Beliau Abdullah bin Umar, seorang shahabat yang patut kita tiru, satu dari sekian banyak hamba Alloh yang pernah berdiri tegak di bumi ini.

Keyakinan beliau dalam mengimani Alloh dan Rasulnya, ia tampakkan dalam keistiqamahannya menjalankan segala perintah Alloh, serta menuruti segala tingkah Rasulullah.

Ia, seorang shahabat yang dengan keyakinannya pula menjalani kesederhanaan dalam hidupnya. Padahal bukanlah kemiskinan yang ia rasakan. Ketika jari-jemari kekuasaan Alloh melimpahkan rizki padanya, serta mengangkat ia sebagai seorang pengusaha nan kaya. Namun, ia tetap yakin bahwa apa yang ia dapatkan hanyalah sebuah titipan dari Ia sang maha pencipta maha pemberi.

Pernah seorang shahabat menemukan ia, satu waktu ketika seorang Abdullah bin Umar mendapatkan rizki berlimpah di sore hari. Namun, dalam sekejap kembali hilang, ia berikan kepada mereka yang lebih membutuhkan, sehingga esok paginya, Ia harus kembali berhutang untuk hanya sekedar membeli makanan untuk unta-nya.

Subhanallah....

Apakah itu menjadikan ia miskin?
Ternyata tidak saudaraku. Alloh telah membuktikan kepada ummat-Nya, atas segala apa yang dikehendaki-Nya. Alloh justru menjadikan Abdullah bin Umar semakin berlimpah dalam kekayaan harta dan kekayaan hatinya.

Sebuah catatan bagi kita atas keyakinan dalam menjalani kehidupan ini, semoga bermanfaat ...

Wassalamu'alaykum wr wb.

0 comments:

Posting Komentar