Jumat, 27 Juli 2007

Ketika ikhlas menjadi sebuah pilihan...


Assalamu'alaikum wr wb,

Sedih, kecewa, bahkan berusaha menyalahkan Ia sang pencipta ...

Memang itu semua kerap menjadi lekat dalam diri ini, ketika sebuah harap hilang begitu saja. Hilang layaknya sebuah gores tulisan di pasir yang tersapu ombak di pantai, dan pula hilang seiring angin yang berhembus, berlalu dan terbang.

Adalah rasa yang padahal semestinya memang tak perlu ada dalam jiwa, apalagi setelah kita mencoba untuk merenungi, satu demi satu hikmah yang hadir setelahnya.

Mencoba untuk bersikap ikhlas atas apa yang ada, adalah sebuah pilihan nyata yang seharusnya selalu hadir jika kita menemui hal serupa.

Ya, karena hanya dengan itu kita bisa membangun sebuah pribadi tangguh atas segala persoalan yang ada pada diri kita. Karena hanya dengan bersikap ikhlas kita bisa menjadi seorang yang tak mudah kecewa ataupun putus asa. Karena hanya dengan bersikap ikhlas kita akan senantiasa hanya berharap pada-Nya, bukan pada mahluk yang memang tidak mungkin bisa mewujudkan apa yang kita minta. Karena hanya dengan bersikap ikhlas kita tidak akan memilah dalam mengerjakan sebuah amal kebajikan. Serta, karena hanya dengan bersikap ikhlas akan semakin banyak rahasia-rahasia antara kita dengan Ia sang pencipta, tanpa harus berujar banyak terhadap mereka yang bisa menjadikan kita terlena akan pujian dan sanjungan semata.

Begitu utama sebuah sikap yang terurai makna dari sebuah kata ikhlas ini. Bahkan kalau kita mencoba mengingat sebuah janji dari mulut jahat sang mahluk kejam syetan laknatullah, ia berujar akan menjadikan kita semua untuk menjadi pengikutnya, kecuali hamba-hamba-Nya yang mukhlis, yaitu mereka yang mampu dan selalu bersikap ikhlas ...

Subhanallah ... semoga kita tergolong kepada mereka. Mereka yang mampu untuk senantiasa menerima ridha Allah yang diwujudkan Ia dalam segala anugerah-Nya kepada kita.

Karena yakinlah bahwa segala apa yang diridhoi-Nya adalah ia yang terbaik bagi kita ...

InsyaAllah ...

Wassalamu'alaikum wr wb

12 komentar:

  1. amin..
    makasih.. bang artikelnya bagus bangt..
    bisa jadi nambah-nambah ilmu.. :D

    BalasHapus
  2. amin makasih postingannya, bagus tulisannya...

    BalasHapus
  3. jazakallah khair remindernya ya akh... gimana kabar bandung ??

    BalasHapus
  4. mengena sekali... :-)
    makasi yaaa....

    BalasHapus
  5. TFS... bro...:)
    tulisan yg baik...:)

    BalasHapus
  6. Hi...dik,,,lam knal yaa... aku p'dtg anyar neeh....artikelnya bagoes jg tuch...moga b'manfaat tuk smuanya.

    BalasHapus
  7. nice article...:) ukhwahfillah

    BalasHapus
  8. Dalem banget:).Jazakallah khoir...

    BalasHapus
  9. Yaah aku harus meyakininya, walau masih berat :)

    BalasHapus
  10. Ass... nice article..tapi untuk meraih keikhlasan itu bukanlah hal yang mudah..

    BalasHapus