Rabu, 29 Agustus 2007

Dalam Mihrab Cinta

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Religion & Spirituality
Author:Habiburrahman El Shirazy
Novel yang berjudul ''''Dalam Mihrab Cinta'''' adalah novel Islami karya terbarunya Habiburahman El-Syirazi--atau Kang Abik--setelah novel sebelumnya ''''Ayat-ayat Cinta, Pudarnya Pesona Cleopatra, dan Ketika Cinta Bertasbih (1)''''. Adapun karya lainnya yang berupa kisah-kisah Islami berjudul ''''Ketika Cinta Berbuah Surga dan Di Atas Sajadah Cinta''''

Novel tersebut terbit sekitar bulan Juni 2007 pada perhelatan Jakarta Book Fair 2007 di Istora Senayan Jakarta. Pada dasarnya, buku tersebut bukanlah novel seperti yang digambarkan di Dalam novel-novel sebelumnya. Melainkan di dalam buku tersebut, menurut Kang Abik, terdiri dari tiga novelet. Yaitu novel-novel pendek. Ketiga novelet itu terdiri dari tiga cerita;
1) ''''Takbir Cinta Zahrana'''';
2) ''''Dalam Mihrab Cinta'''', dan
3) ''''Mahkota Cinta''''.
Meskipun buku itu terdiri dari tiga cerita, namun antara cerita yang satu dan yang lain mempunyai kesimpulan yang sama pada akhir cerita. Kesimpulannya itu adalah, penulis, dalam hal ini Kang Abik sendiri, mengajak kepada para pembaca novelnya untuk senantiasa selalu bersikap positif thinking, husnudzan, berusaha atau berikhtiar, sabar,tawakal, dan tentu saja menyerahkan segala urusannya hanya kepada Allah swt setelah kita melakukan apa yang telah kita upayakan dan kita harapakan.Lebih dari itu, penulis ingin mengajak para pembacanya untuk
selalu mempunyai harapan dan cita-citanya untuk bisa diwujudkan.
Oleh sebab itu tidak heran jika kemudian di setiap buku atau karya-karya Kang Abik selalu disematkan di bawah judul besarnya dengan kalimat ''''Sebuah Novel Pembangun Jiwa''''. Memang benar. Setiap kita membaca karya-karyanya kita akan selalu diajak dan merasa dimotivasi olehnya melalui buku-bukunya itu.

Sebagai contoh pada novelet yang berjudul ''''Takbir Cinta Zahrana'''' misalnya. Dalam cerita ini, penulis , mengisahkan seorang perempuan cantik yang bernama Zahrana . Zahrana adalah seorang perempuan yang memprioritaslan pendidikan atau ilmu pengetahuan.
Dengan kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan maka tidak heran jika Zahrana setelah menyelesaikan kuliah S2 nya ia pun mengajar sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi di Jawa Tengah. Hanya saja, dengan segala kelebihannya itu, masih ada yang kurang dan membuat orangtuanya sedih. Yaitu, Zahrana masih belum mempunyai keinginan untuk menikah. Hingga satu waktu ada yang mengajaknya untuk menikah, tapi sayang laki-laki tersebut tidak sesuai dengan pilihan Zahrana. Karena yang menjadi pilihan Zahrana adalah laki-laki yang mempunyai kualitas keagamaan yang lebih baik darinya. Meski demikian, Zahrana pantang menyerah dan tidak mudah berputus asa. Justru dengan begitu Zahrana
rajin berusaha dengan lebih mendekatkan diri lagi kepada Sang Khaliq. Yaitu dengan rajin salat tahajud, hajat, dan tentu saja salat istikharah. Dan alhamdulillah. Setelah melewati berbagai rintangan, doa Zahrana pun dikabulkan-Nya dengan cara diberi kejutan . Ya sebuah surprise yang ternyata yang menjadi suaminya adalah mahasiswanya yang dulu diajarnya.

Hal yang sama juga terjadi pada dua kisah yang lainnya yaitu ''''Dalam Mihrab Cinta'''' dan ''''Mahkota Cinta''''.

Sehingga sangat jelaslah kiranya bagaimana Kang Abik sebagai penulis mengajak pembacanya untuk tetap mempunyai semangat yang mampu membangun jiwa para pembacanya dalam mengarungi samudra kehidupan.
Dan amatlah pantas jika novel tersebut, mudah-mudahan dapat dan mampu mengikuti jejak karya-karya sebelumnya yaitu menjadi karya best seller dengan kategori positifnya. Maksudnya, bukan karena efek negatifnya karya tersebut menjadi best seller. Melainkan dikarenakan memang karya Kang Abik tersebut mengandung pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua para pembacanya.

Akan tetapiKang Abik sebagai perkenalan yaitu ''''Dalam Mihrab Cinta''''. Dalam Mihrab Cinta menurut Kang Abik nantinya akan dibuat romannya secara lebih spesifik.

Ditulis oleh : KhoirulUmamSonhadji

12 komentar:

  1. Berkat kesabarannya, akhirnya Zahrana mendapatkan Hasan, yang dikirim Allah swt untuk menemaninya mengarungi bahtera hidup.

    BalasHapus
  2. kayaknya ada beberapa teks yang hilang yah

    BalasHapus
  3. hiks...belum baca bukunya ... T_T jadi ga tau isinya apa T_T

    BalasHapus
  4. udah beli novelnya tapi belum sempet baca ... masih baca buku yang lain.

    BalasHapus
  5. Hhmm...temanya sama dengan buku beliau yg laennya...'bout cinderella...tp alurnya sedikit dibikin unique. 'Afwan, itz juz through my point of view. :)

    BalasHapus
  6. wah mas trims bngt, di sini susah menadapatkannya, cuma berharap ada edisi pdf nya :)

    BalasHapus
  7. dik.... kok nggak bisa di buka ya... linknya....?!

    BalasHapus
  8. aku blm sempet beli2 buku ini dik....hm.m..m..ada yang mau minjemin duluw gakkk....hehhe.heh.

    BalasHapus
  9. :( aku lum pernah baca..
    ada sinopsisnya gak mas?

    BalasHapus
  10. password rar nya apa bro? thanks

    BalasHapus
  11. bro link donlot na mna??
    please tolong kirim ke gw ya..
    gw pngn bgt ma ne buku..
    please

    BalasHapus