Janganlah Berhenti!

Bismillaahirrahmaanirrahiim ...

Hanya ada dua pilihan, bermain lagi atau menunggu sampai akhirnya permainan ini berakhir. Kiranya seperti itulah kehidupan ini. Setiap kali waktu berlalu kita akan selalu dihadapkan pada pilihan yang sama.

Tentunya ini akan lebih kita rasakan ketika kegagalan menghampiri episode kehidupan kita. Terkadang kita lupa bahkan memandang bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya. Kita terpuruk, kaku, dunia seakan runtuh. Tidak ada lagi secercah harap yang terbit seiring hadirnya kembali mentari di esok pagi. Gulita menjadi selimut yang telah menutup mata dan ruang pikir kita. Semua berlabuh di satu kesimpulan, aku gagal!

Padahal mungkin akan menjadi lebih bijak kiranya ketika kita mencoba untuk memaknai apa yang terjadi. Kehidupan ini memang sebuah permainan yang layaknya permainan-permainan lainnya yang memberikan dua pilihan ketika kita gagal saat memainkannya, Play Again atau Game Over.

Seandainya kita memilih untuk mengakhiri permainan, maka semua akan tertutup, dan tinggalah kita terpaku disana tanpa tahu apa yang mungkin terjadi seandainya kita bisa memulainya kembali dan menyelesaikannya sampai diakhir permainan.

Tapi akan lain halnya ketika kita memilih pilihan untuk bermain lagi. Meskipun mungkin kita harus memulainya kembali dari awal, namun sebetulnya kita sudah memiliki point lebih, kita tahu apa yang akan terjadi setidaknya sampai sesaat sebelum kesempatan bermain pertama kali tadi berakhir. Kita mengetahui dimana letak kesalahan kita, kita mengetahui hal apa yang harus kita perbaiki dan kitapun akan berusaha untuk tidak mengulang kesalahan yang sama di permainan kedua.

Semestinya tidak ada alasan untuk kita berhenti begitu saja, menyerah dan mengakhiri permainan ini.

Sebuah motivasi telah Rasulullah sampaikan kepada kita dalam sabdanya, Ia bersabda bahwa andainya kiamat itu datang, maka biji yang ada di genggaman tangan harus tetap kita tanam. Kiranya memang sebuah makna untuk tidak berhenti berusaha terukir jelas disana.

Bercermin dari kesuksesan orang lain, ternyata merekapun tidak meraihnya dengan mudah dan sesederhana yang kita kira. Puluhan, ratusan bahkan ribuan kali mereka kembali bangkit setelah terjatuh diatas kegagalan atas apa yang dialaminya.

Dan ini memang yang semestinya pula kita lakukan. Angkat kepala, tatap dan jalani esok hari dengan usaha dan do'a yang lebih maksimal. Janganlah berhenti!. Bukankah ketika satu pintu tertutup, maka pintu lain akan terbuka?. Jalanilah segalanya. Biarlah kegagalan itu berlalu menjadi bekal kita untuk meraih kesuksesan dilain waktu.

Sampaikanlah pada kegagalan dan masa lalu itu, "Wahai masa lalu yang telah berlalu dan selesai, tenggelamlah seperti mataharimu. Aku takkan pernah menangisi kepergianmu, dan kamu takkan pernah melihatku termenung sedetikpun untuk mengingatimu. Kamu telah pergi meninggalkan kami semua, pergi dan tak pernah kembali lagi!".

21 komentar:

  1. Bagus sekali artikel ini....thanks yar...

    BalasHapus
  2. subhanallah,pas menyentuh bnaget dengan kehidupan dian saat ini
    thanks sharringnya akhi

    BalasHapus
  3. Yah aku akan maju lagi menyongsong hari esok

    BalasHapus
  4. Great article...! Great motivation 4 ME... Thx 4 sharing, Kang Dik2... :)

    BalasHapus
  5. nggak berhenti sampai hidup berakhir..

    BalasHapus
  6. Yup, karena waktu akan terus berjalan dan kita pun musti bergerak...

    good for ur article and TFS ... ;)

    BalasHapus
  7. Alhamdulilah dah diingatkan....artikel yg sangat bagus..
    syukron sharenya

    BalasHapus
  8. Satu lagi Mas Dik.....Jangan pernah putus asa! Nice post.

    BalasHapus
  9. begitu menyentuh hati..thanks for the sharing..

    BalasHapus
  10. Play Again...Again...Again....Again.... (never give up!)

    BalasHapus
  11. Saya ga Nyangka Ternyata setelah Keluar dari PUB....saudara saya DIK2 Jadi Seoarang Penulis...........sungguh sangat Menyentuh dik<<<

    BalasHapus
  12. interesting article....sesulit apapun jagan pernah berhenti, jagan tergesa2 dan jangan pernah turun smagat......life is a race it has to be won...

    BalasHapus
  13. tulisan yang bermanfaat, hari ini ilmu saya bertambah lagi.tks

    BalasHapus
  14. cocokkk bener buat aye nyang lagi skripsi-an. hohoho^^ b.e.r.s.e.m.a.n.g.a.t.

    BalasHapus
  15. Artikel yang bisa jadi PENYEMANGAT nih!!!!!!
    hhmm.. Mas, nyambi profesi jadi pemberi motivasi aja, kayak Jack Canfield penulis 'Chicken Soup For The Soul'. hehehe.

    Ditunggu terbitan bukunya ya ^_^

    BalasHapus
  16. kagak nyangka....kamu nulis curahan hatimu di sini....ya....dunia memang permainan..kita mau play again atau game over...semua tergantung ke diri kita (walaupun itu butuh waktu kayaknya...).
    Semangat2....dunia ga sesempit yang ada di depan kita.....lihat di kiri-kanan samping kita..bahkan belakang kita...siapa tahu....:)

    BalasHapus
  17. maju terus atau kita akan tertinggal dan terbelakang..........

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.