Selasa, 24 Juni 2008

Al-Quran Berjalan

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Religion & Spirituality
Author:Dr. Aidh Abdullah Al Qarni

AL-QURAN BERJALAN
Potret Keagungan Manusia Agung

Membaca buku ini seakan kita kembali menemukan sosok seorang manusia terpilih yang kiprahnya telah mampu mengubah dunia. Bukan hanya mampu mengubah dari gelap menuju terang, namun juga dari jahiliyah menuju hidayah. Buku ini bukan berisi tentang sejarah hidup, bukan pula bagaikan sebuah bibliografi, lebih dari hanya sekedar itu.

Di bagian depan jilidnya dituliskan sebuah kalimat menarik, "Anda tidak akan pernah selesai membaca isi buku ini, meskipun anda berulang kali menamatkan dalam membaca keseluruhan isinya".

Jujur, kalimat itu yang membuat saya tertarik untuk mulai membukanya dan memahami segalanya. Karena ternyata memang benar, isi sebenarnya buku itu tak akan pernah habis jika kita bahas. Bahakan tidak cukup meskipun berjilid-jilid kita rangkumkan dalam berbagai halaman-halaman tebalnya.

Bermula dengan penggambaran seorang sosok manusia yang berakhlak mulia, namun tetap tidak ada sedikitpun berbeda dengan manusia-manusia lainnya yang menjadi ummatnya. Dia tetap menjalankan kehidupan seperti yang lainnya. Namun justru disinilah letaknya, seorang Dr. Aidh Abdullah Al Qarni yang telah memiliki nama besar sebagai seorang ulama dan penulis handal, yang lengkap dengan kemampuan mendeskripsikan riwayat bahkan dengan gaya penulisannya telah mampu membawa kita untuk semakin mengagumi sosok yang ia tuliskan dalam bukunya tersebut.

Sebuah buku berjilid tebal sekitar 400 halaman yang dikemas apik itu telah mampu meyakinkan para pembacanya untuk mengambil kesimpulan, bahwa ternyata kesuksesan luar biasa besar yang ditorehkan Rasulullah SAW tidak terlepas dari kisah sukses beliau dalam memerankan diri sebagai sosok manusia yang berakhlak mulia. Akhlak inilah yang mengawali tugas-tugas mulia yang dibebankan Tuhan kepadanya.

Bukan hanya sekedar ketika ia telah menjadi seorang utusan Alloh, akhlak-akhlak dan kepribadian mulia beliau tunjukkan, namun jauh-jauh waktu sejak ia terlahir kelingkungan keluarga dan masyarakat, yang nantinya untuk ia terangi dan ia bawa menuju naungan rahmat dan hidayah Alloh SWT.

Tidak mudah memang membayangkan bagaimana kehidupan beliau, Muhammad Rasulullah. Hari-harinya dalam menguntai sejarah peradaban Islam, sekitar 23 tahun lamanya harus ia ukir dalam dua sejarah ibu kota. Yang pada nantinya ternyata mampu menyebar hingga ke berbagai penjuru dunia ini.

Membaca buku ini bagai membawa kita kembali ke masa-masa dimana kita berada disana, diantara para shahabat, diantara gersangnya gurun pasir, namun tetap sejuk karena seakan secara langsung menyaksikan sendiri keberadaan ia sang tauladan ummat. Subhanalloh ...

Judul yang pantas untuk mengurai buku ini memang. Sebuah perkataan dari seorang seorang istri shalehah akan penggambaran bagaimana akan akhlak dan kepribadian seorang Rasululloh SAW, yaitu memang tak ada sedikitpun yang berbeda yang ditampilkan dalam keseharian akhlak beliau selain seperti layaknya ia adalah Al Quran yang berjalan.

19 komentar:

  1. dimana bisa mendapatkan buku ini, dimana? trims kang

    BalasHapus
  2. kang... baca review ini,
    gue jadi pengen baca nih buku dehh ..

    BalasHapus
  3. Di toko buku sepertinya sudah banyak pak,
    atau mungkin bisa juga beli secara online di toko-toko buku online, tadi saya coba cari, ada ... :)

    BalasHapus
  4. siip, dicoba geura kang ...
    InsyaAlloh, bukunya bagus ... :)

    BalasHapus
  5. subhanallah,,, referensi ah,, wat di PERUT ( Perpustakaan Utama ). :D

    BalasHapus
  6. Yang menarik, catatan ini:"Anda tidak akan pernah selesai membaca isi buku ini, meskipun anda berulang kali menamatkan dalam membaca keseluruhan isinya"

    Ini sepertinya jadi buku wajib ya? Seperti buku Menjadi Wanita Paling Bahagia dan Harta Ditangan Wanita.

    Baca reviewnya, berarti 2 novel baru, dan satu buku komputer harus diantri lagi nih ...

    BalasHapus
  7. nuhun referensinya...
    coba cari ahh kalo cuti... :D

    BalasHapus
  8. Terima kasih ulasannya, kayaknya harus beli nih...

    BalasHapus
  9. jadi inget lagunya bimbo....
    Rindu kami... padamu ya.. rosul...
    rindu tiada terperi....

    cari bukunya ah.... or kalo ada e-book nya boljug.....

    BalasHapus
  10. sepertinya buku yang bagus yaaa....

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah sudah punya... emang bagus buku ini..

    BalasHapus
  12. hm... kalo secara tata bahasa sepertinya ngga mbak, enak kok dibacanya, nggak bikin pusing yang bacanya.

    BalasHapus
  13. Saya sudah selesai sekitar 5 bulan lalu, buku yang sangat bagus, walaupun hanya menggambarkan setetes dari samudra ilmu Rasulullah SAW.
    Sangat direkomendasikan

    BalasHapus
  14. Hmm... baru berkunjung lagi ke sini.. eh baca ini.. jadi pengen langsung ngilang ke toko buku.. :)

    BalasHapus
  15. tenan yo...yo wis seso morning arep ta lihat bukunya di kostan kang dikdik...he he he....

    BalasHapus
  16. subhanallah...tenang sekali baca ulasan ini...pengen bangat beli bukunya..."Sebenarnya, Al Qur'an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim". (QS 29:49)

    BalasHapus
  17. "Katakanlah , Barang siapa menjadi musuh Jibril, maka jibril itu telah menurunkan ( Al qur-an) ke dalam hatimu dengan seijin Allah, membenarkan apa (kitab-kitab) yg sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang2 yg beriman" (QS Al-Baqoroh ayat 97) ternyata qur-an udah ada dlm tubuh kita dan yg menuntun ke jalan yg benar. subhanallah semoga umat muslim menyadarinya

    BalasHapus