Ketika Tunas - tunas Itu Kini Layu dan Mati

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Hampir saja aku tercekat ketika menyaksikan beberapa anak berhamburan memasuki tanah lapang itu. Mereka berlarian seolah tak peduli apapun yang mereka injak. Padahal sampai kini, kerikil-kerikil kecil di sela rerumputan itu masih menjadi penduduk pribumi tanah lapang itu, akan tapi tetap saja, bagi mereka kerikil kecil disana ataupun duri-duri diujung lapangan itu bagai sahabat sejati yang telah menemani mereka hingga kini, menuliskan cerita hidup dalam ingatannya dan menorehkan sejarah besar untuk satu sisi kisah dimasa nanti.

Memainkan bola dari kaki ke kaki bagi mereka seolah lebih dari menikmati keceriaan dunia di pagi ini. Aku tersadar, begitu banyak cerita-cerita dan harapan telah tertoreh di wajah-wajah cerah mereka. Tak terlukis sedikitpun beban hidup padanya. Meski di seberang sana, ratusan, ribuan, bahkan mungkin jutaan rekan-rekan sebaya mereka meringis, menangis atau bahkan terbujur kaku dibawah desingan pesawat-pesawat tempur para zionis laknatulloh, Israel.

Aku memicingkan mataku, lalu menghampiri seorang ibu yang berada di ujung sana. Di sebuah kebun bunga yang berada disamping tanah lapang itu seperti menjadi pembatas keberbedaan kondisi dunia, antara tanah lapang kering yang tandus dengan hamparan bunga-bunga yang berwarna-warni disana.

"Yang terpenting, kita harus bisa menjaga agar setiap hari tunas-tunas tanamannya bisa tetap bertahan dan tumbuh hingga nanti bisa berbunga", kata ibu itu seraya disertai dengan senyumnya.

Aku menarik nafasku, tercekat, dan serasa ada yang terlalu sakit menorehkan luka di hati ini. Lebih dari sekedar terasa seperti sisitan pisau belati yang mengiris kulit hewan-hewan kurban yang aku saksikan beberapa bulan yang lalu.

Andaikan kondisi tidak menempatkan bunga-bunga itu di kebun itu, namun berada di tanah lapang yang tandus, seperti rerumputan yang kini mulai lunglai disana, terinjak-injak oleh anak-anak yang bermain disana, untuk kemudian layu dan mati. Mungkin akan lain ceritanya.

Bayanganku melayang ke jauh sana. Merasakan baunya darah yang tercecer dimana-mana, merasakan getirnya suasana ditengah pertempuran yang entah kapan akan berakhir, merasakan sedihnya ketika satu demi satu bangunan yang pernah melukis sejarah mereka kini hancur berkeping-keping, atau mungkin merasakan  kepedihan ketika satu demi satu orang yang mereka cintai pergi meninggalkan mereka.

Aku membayangkan bagaimana seandainya aku menjadi bagian dari mereka disana, menjadi bagian dari anak-anak Palestina yang kini harus ikut berjuang di negeri sana demi sebuah cita-cita, demi sebuah ketenangan, demi sebuah kebersamaan dengan orang-orang tercinta ...

Yaa Rabb, aku semakin tercekat hebat saat itu.

Mereka, anak-anak itu memang bukan seperti layaknya tunas-tunas bunga yang tumbuh dan hidup di kebun-kebun hijau disamping tanah lapang itu. Namun, mereka adalah tunas-tunas bunga yang secara terpaksa harus tumbuh di tanah lapang yang kondisinya mengharuskan mereka untuk bisa bertahan. Meski mungkin tak ada cara untuk bisa mengelak ketika injakkan-injakkan kaki manusia menutup akhir ceritanya. Hingga akhirnya terinjak, layu dan mati. Namun, yakinlah bahwa apapun yang terjadi, ketika rumput itu mati maka suburnya tanah disana di masa yang akan datang akan menjadi penggantinya.

Begitu pula saat ini, yakinlah ketika kalimah Alloh masih menjadi pekikan mereka di saat ketika maut yang melepaskan cita-cita mereka anak-anak Palestina untuk kembali lebih dulu menghadap Rabb-Nya, namun ... indahnya kemerdekaan di masa yang akan datang insyaAlloh akan menjadi tebusannya, seperti indahnya ketika mereka kini menyandang gelar-gelar syuhada.

Semoga ...

5 komentar:

  1. Memiliki diksi yang tidak dimiliki orang lain atau paling tidak jarang digunakan orang lain.

    BalasHapus
  2. Puitis, jika dibaca dengan dihayati, pasti matapun berkaca-kaca.
    Bayangkan anak2 kecil, yang tidak tahu apa2, sudah harus menjadi saksi kebenaran menghadap Robnya, Syuhada

    BalasHapus
  3. tetep semangat.. Allahu akbar..!!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.