Selasa, 30 Oktober 2012

Era Digital, Memulai Bisnis Tanpa Harus Banyak Modal

Memiliki sebuah usaha ataupun bisnis memang menjadi keinginan begitu banyak orang. Apalagi jika usaha atau bisnis tersebut bisa kita kelola menjadi sebuah bisnis yang berkembang dan maju. Dengan usaha bisnis tersebut kita bisa membuka lapangan kerja, mengembangkan potensi yang ada, serta tentunya bisa meraup keuntungan darinya.

Namun sayangnya ketika banyak orang berharap itu, ternyata banyak juga orang-orang yang mengeluh karena tidak memiliki modal untuk memulai usahanya tersebut.
Ilustrasi Bisnis Online
Adalah era digital, sebuah era yang kini sedang kita jalani seharusnya bisa menjadi salah satu titik terang bagi kita semua dalam menghadapi permasalahan ini. Kehadirannya bisa menjadi satu peluang untuk kita masuki. Era digital merupakan suatu keadaan dimana masyarakatnya sangat tergantung terhadap perkembangan teknologi informasi. Dan layaknya sebuah jawaban dari sebuah pertanyaan, seharusnya kehadiran era ini juga bisa menjadi jawaban atas permasalahan yang ada.

Di era digital ini ternyata kita bisa memulai usaha tanpa harus banyak mengeluarkan modal. Bagaimana caranya? Berikut saya akan menuliskannya berdasarkan apa yang saya alami sendiri.

Apa peluang untuk kita?

Saat ini begitu banyak orang yang memiliki usaha ataupun bisnis namun ternyata mereka kesulitan untuk melakukan pemasaran atas produk-produk yang mereka buat. Kita bisa menawarkan jasa kepada mereka para pelaku bisnis tersebut untuk menjadi reseller atas produk-produk mereka. Kita bisa menerapkan harga baru atas produk-produk tersebut tentunya berdasar patokan harga yang mereka berikan. Banyak diantara mereka yang akan senang sekali ketika kita menawarkan jasa tersebut. Karena tanpa mengurangi keuntungan mereka, tapi justru produk-produk mereka bisa dibantu untuk bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Dengan bertindak sebagai seorang reseller juga tentunya ini menjadi satu titik awal untuk kita melangkah dan membuktikan bahwa ternyata untuk memulai usaha, kita tidak perlu mengeluarkan modal.

Lalu dimana kita memasarkan produk-produk mereka?

Kehadiran media internet saat ini sebagai salah satu perwujudan dari era digital telah banyak mengubah paradigma dan cara pandang masyarakat kita. Jika beberapa tahun yang lalu untuk mencari sebuah barang yang ingin mereka beli mereka harus berkeliling-keliling atau bertanya pada banyak orang, kini dengan internet mereka hanya cukup melakukan pencarian di search engine seperti google, dan dengan segera hasil informasinya bisa mereka dapatkan.

Disini peluang kita untuk memulai usaha bisnis tersebut, mengenalkan produk-produk yang akan kita pasarkan secara online. Disinilah peluang kita, disinilah kita untuk dituntut berani melangkah dan melek dengan dunia digital. Dengan membuat sebuah web atau blog yang kita istilahkan sebagai sebuah toko online kita bisa menjadikannya sebagai tempat kita memajang produk. Disana orang akan bisa segera mengenal, mengetahui bahkan mendapatkan begitu banyak informasi dari produk kita tanpa kita harus banyak berbicara.

Lalu, jika saja dalam dunia nyata ketika kita ingin memiliki sebuah toko kita harus punya modal untuk biaya sewa tempat, perizinan dan sebagainya. Maka lain halnya jika kita memanfaatkan media internet. Kita bisa memiliki toko online yang akan bisa men-display berbagai produk kita tanpa memakan space yang banyak serta sewa tempat yang mahal bukan?

Dengan internet juga, para calon pembeli tidak terikat oleh waktu. Mereka para peselancar di dunia maya kapan saja  bisa singgah di toko kita, melihat produk yang ada, menimang-nimang harga tanpa membuat kita sang penunggu toko harus terus menerus mengawasi gerak-geriknya. Mereka juga bisa melihat produk-produk tersebut dimanapun mereka berada. Ini sepertinya perwujudan dari sebuah kalimat yang pernah saya baca melalui sebuah billboard sebuah bank, "In the future, even the smallest bussiness will be multinational". Ya, karena ketika kita mengenalkan produk tersebut di media internet, maka pagsa pasar kita bukan lagi hanya penduduk di kota tertentu saja namun juga di seluruh dunia.

Kehadiran informasi produk-produk kita di internet juga, memudahkan calon pembeli untuk menyebarluaskannya kepada yang lain.

Begitu banyak manfaat dari media internet yang bisa kita manfaatkan untuk mendukung keinginan kita dalam memulai usaha. Namun sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua orang bisa mengaplikasikannya? Dan bagaimana yang harus mereka lakukan?

Banyak orang berpikir terlalu rumit sebelum bertindak, yang akhirnya apa yang mereka inginkan hanya menjadi angan-angan dan cita-cita semata tanpa pernah terwujud dalam kenyataan.

Saat ini internet bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk dipelajari. Secara sederhana kehadiran internet hanyalah sebuah media yang akan merepresentasikan kenyataan namun ditampilkan dalam bentuk kata-kata dan visual gambar. Lalu seandainya tujuan yang ingin kita capai adalah memasarkan sebuah produk, seperti yang telah kita bahas diatas, berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan :
  1. Milikilah sebuah web atau blog (tidak usah yang berbayar, cukup sebagai permulaan yang gratisan saja) yang bisa kita dapatkan dengan melakukan pendaftaran di beberapa situs seperti blogger.com, wordpress.com, ataupun yang lainnya.
    Tampilan Blogger.com
  2. Sebaiknya pilihlah nama yang bisa merepresentasikan produk yang akan kita pasarkan.
  3. Setelah melakukan pendaftaran, maka kita akan mendapatkan sebuah alamat sesuai dengan nama yang kita daftarkan sebelumnya.
  4. Tuliskan informasi mengenai usaha kita, produk yang kita miliki, bagaimana cara yang bisa calon pembeli lakukan jika menginginkan produk kita, serta tidak lupa cantumkan informasi dari kita yang bisa dihubungi oleh mereka para calon pembeli di blog tersebut.
  5. Sebaiknya tuliskan secara berkala produk-produk yang akan kita pasarkan, misalkan satu hari satu produk. Ini akan menjadikan blog yang kita miliki memiliki activity report yang bagus.
  6. Kenalkan blog kita pada orang-orang disekitar kita, minta mereka untuk membukanya dan memberikan masukan agar kita bisa mengelolanya lebih baik lagi dan tentunya bisa menjadikan blog kita itu tempat yang nyaman bagi mereka yang akan berbelanja.
  7. Bubuhkan alamat blog kita di signature email kita, hal ini secara tidak langsung akan memperkenalkan keberadaan blog kita pada orang-orang yang kita kirimi email.
  8. Bergabunglah di situs-situs jejaring sosial (social media) seperti facebook, twitter dan yang lainnya. Disaat orang-orang sedang marak menggunakan situs-situs sejenis ini, kita bisa memanfaatkannya untuk menghadirkan informasi mengenai produk kita disana.
  9. Ibaratkan blog yang kita miliki seperti halnya juga toko kita dalam dunia nyata. Rawat blog tersebut, atur dan tata tampilannya agar menarik, bersihkan dari spam-spam yang akan menjadi sampah pada blog kita, usahakan untuk menghadirkan informasi semenarik mungkin, yang akan memudahkan calon pembeli mengenal produk kita.
    Salah Satu Tampilan Toko Online
  10. Berlakulah serius terhadap usaha kita ini, meskipun kehadirannya hanya di dunia maya, namun pengelolaan yang baik tetap menjadi syarat mutlak bagi keberhasilan usaha kita. Saat ini bisa dikatakan tidak ada lagi istilah mahal untuk mengakses dunia yang satu ini, bersering-seringlah mempergunakan internet untuk mendukung bisnis dan usaha kita. Para operator telah menyediakan sarana murah untuk kita menggunakan dunia yang baru ini. Apalagi dengan slogan baru salah satu operator, AXIS yang menggelontorkan program semakin dekat dengan rakyat, biaya untuk akses internet semakin murah dan tentunya tentu terjangkau untuk kita semua.
Dan yang terakhir, mari mulailah sekarang juga, jangan tunggu lama lagi. Mulailah merambah dunia digital untuk mengoptimalkan bisnis kita. Kuatkan tekad dan hadirkan cita-cita untuk bisa memiliki usaha bisnis yang kita impikan.

Gambar diambil dari : 
bisnisukm.com, blogger.com, blibli.com

1 komentar: