Selasa, 12 November 2013

Ini Dia 7 Alasan Kenapa Naik APTB Lebih Nyaman Dari Bekasi ke Jakarta

Ini Dia 7 Alasan Kenapa Naik APTB Lebih Nyaman Dari Bekasi ke Jakarta
Tidak terasa sudah hampir 6 bulan bis Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) jurusan Bekasi - Tanah Abang beroperasi. Sejak kemunculannya pada tanggal 22 Mei 2013 lalu, bis ini memang menjadi satu warna baru untuk menambah semarak cara bertransportasi menuju ibu kota Jakarta.

Bis dengan nomor operasi 07 ini diawaki oleh tim Mayasari Bakti sebagai operatornya. Hingga berjalannya waktu kini pengguna bis tersebut mulai merambat naik dan semoga bisa merubah tradisi masyarakat untuk mulai menggunakan transportasi umum, hingga akhirnya bisa mengurai kemacetan di Jakarta.

Berlanjut dua pekan terakhir ini, publik diramaikan dengan rencana pemerintah yang akan memberlakukan dendan maksimal sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) untuk mereka yang berani menerobos jalur busway. Rencana ini tentu menjadikan banyak masyarakat kembali menoleh ke satu moda transportasi bernama APTB ini.

Berikut saya tuliskan 7 alasan mengapa menggunakan bis APTB ternyata lebih nyaman daripada menggunakan mobil ataupun kendaraan pribadi lainnya untuk menuju ibu kota Jakarta.

1. Biaya Lebih Murah

Bagi anda yang tinggal di daerah sekitar Jakarta seperti Bekasi misalnya, memilih moda transportasi APTB ternyata dirasakan lebih murah dibandingkan dengan kita menggunakan kendaraan pribadi. Kita bisa hitung untuk melakukan perjalanan menuju Jakarta berapa liter bensin yang akan kita habiskan bila menggunakan kendaraan pribadi. Bukan hanya untuk menempuh jarak yang lumayan jauh, namun juga untuk menempuh kemacetan yang semakin hari dirasakan semakin parah.

Sedangkan jika kita menggunakan bis APTB, kita hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 9.000,- saja, dan itu bisa menjelajah hingga ke seluruh pelosok Jakarta yang sudah terhubung jaringan Busway tanpa kita harus mengeluarkan uang lagi.

2. Praktis dan Tidak Ribet

Bagi anda yang berkantor di kawasan sekitar Sudirman Thamrin, dengan menggunakan bis APTB jurusan Bekasi - Tanah Abang, tentu ini membuat anda lebih praktis dan tidak ribet, karena anda tidak lagi perlu turun di area Komdak lalu berganti naik metromini lagi untuk menuju kantor tempat anda bekerja.

3. Tidak Bayar Parkir

Ini enaknya menggunakan kendaraan umum, kita tidak perlu khawatir serta bingung mencari lahan parkir yang aman dan nyaman ketika kita memasuki area parkir kantor kita. Selain itu kita juga tidak perlu merogoh uang setiap harinya untuk membayar sewa tempat atas tanah yang dipijak oleh kendaraan kita sekitar 8-10 jam setiap harinya pula.

4. Jalur Busway Kini Semakin Steril

Merujuk kepada rencana penerapan denda maksimal sebesar 1 juta rupiah bagi pengendara pribadi yang nekat menerobos jalur busway, maka semakin hari kini dirasakan jalur busway semakin steril. Tidak banyak pengendara yang berani untuk mengambil hak penumpang atas kenyamanan menggunakan moda transportasi bis transJakarta serta APTB.

5. Waktu Tempuh Lebih Cepat

Jika dibandingkan semakin hari kini semakin dirasakan waktu tempuh menuju Jakarta lebih lama, dengan menggunakan APTB ternyata kini jauh lebih cepat. Setidaknya itu yang saya rasakan ketika kembali mencoba menggunakan moda ransportasi ini. Banyaknya pengendara yang takut dikenakan denda maksimal menjadikan mereka tetap bertahan di jalur arteri dan ini tentunya menjadikan jalur busway lebih leluasa untuk dilalui. Ini memang bertolak belakang dengan pengalaman saya sebelumnya disini.

6. Lebih Nyaman

Berkendara dengan menggunakan kendaraan pribadi tentu mengharuskan kita tetap berkonsentrasi penuh sepanjang perjalanan. Waspada atas kendaraan lain yang berada di depan, belakang, kiri serta kanan kita tentu menjadikan kita harus menguras pikiran. Belum lagi dengan menghadapi kemacetan yang mengajak kita untuk melangkah begitu hati-hati setiap kali kita menginjak pedal gas.

Sedangkan jika kita menggunakan moda transportasi seperti APTB misalnya, kita lebih nyaman serta bisa tertidur lelap tanpa harus memikirkan hal tersebut serta karena moda ini yang masih tergolong baru sehingga masih sangat nyaman untuk dinikmati sepanjang perjalanan kita menuju tempat kita beraktifitas.

7. Lebih Menjangkau Luas Area Perkantoran

Yang terakhir, dengan menggunakan bis APTB kita juga lebih leluasa menuju dimanapun area perkantoran tempat kita bekerja. Misalnya saja rute APTB Bekasi - Tanah Abang, rute APTB ini menjangkau dari mulai kawasan MT. Haryono, Kuningan, Gatot Subroto hingga ke Sudirman dan Thamrin. Ini yang tidak bisa dicapai oleh kendaraan pribadi sekalipun, krarena untuk menjangkau kawasan tersebut jika saja kita menggunakan mobil dan masuk lewat Tol Dalam Kota, kita harus memutar balik untuk mencapai beberapa gedung perkantoran yang kebetulan tidak berada di depan lokasi gerbang tol keluar.

Sebuah catatan kecil untuk sebuah semangat memiliki sebuah kota yang nyaman untuk dihuni, untuk ditempati. Semoga ini semakin menyadarkan kita untuk mulai menggunakan transportasi umum dibanding mempertahankan keegoan diri dengan berkendara menggunakan kendaraan pribadi.

Mari gunakan transportasi umum!
Gambar diambil dari Kompas.com

0 comments:

Posting Komentar