Rabu, 19 Juni 2013

Liputan6.com, Teknologi Transformasi Berita dari 6 Jam Sekali Menuju Hadir Setiap Saat

Era 90 an, mungkin menjadi sebuah catatan sejarah berharga bagi bangsa Indonesia. Mulainya kehadiran televisi-televisi swasta yang mampu mengepakkan sayapnya hingga tayang ke seluruh nusantara seakan menjadi pelepas dahaga bagi masyarakat Indonesia ditengah keterbatasan penyebarluasan informasi saat itu. Gejolak politik, hingar bingarnya reformasi, seakan menjadi bahan bakar penyemangat media penyaji berita untuk berlomba-lomba meraih simpati masyarakat dalam menyajikan sajian kabar yang transparan, aktual, dan terpercaya, tidak terkecuali sebuah tayangan berita dari sebuah stasiun televisi "SCTV" yang satu ini, Liputan 6.

Sungguh, sebuah komitmen yang patut diacungi jempol saya kira, ditengah keterbiasaan penyajian berita yang biasanya hadir tak lebih dari hanya 1-2 kali saja dalam sehari, Liputan 6 justru memiliki format yang berbeda. Format penyajian berita yang secara kontinyu disajikan dalam rentang 6 jam sekali setiap harinya ini menjadikan tayangan berita Liputan 6 semakin cepat melekat di hati masyarakat. Sajian kabar yang lugas, pembawaan para pembaca beritanya yang begitu hangat, serta tentu konten beritanya juga yang menarik menjadikan satu acara ini menjadi favorit banyak pemirsa di tanah air.

Beranjak menuju era milenium di tahun 2000, kehadirannya semakin tangguh di jajaran siaran berita papan atas tanah air. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, ketika media internet menjadi sebuah cakrawala baru di kehidupan masyarakat, Liputan 6 menatap yakin untuk bisa juga hadir menjadi bagian di dalamnya.

Liputan6.com, akhirnya hadir menjadi sebuah pilihan baru bagi masyarakat pengguna internet untuk bisa mendapatkan berita lebih cepat. Sejak saat itu transformasi besar akan teknologi berita dari Liputan 6 dimulai. Rentang penyajian kabar berita dari 6 jam sekali pun didobrak. Liputan6.com hadir menyajikan kabar terbaru semakin cepat kepada masyarakat, bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Hebat!
Tampilan Liputan 6.com

Saat itu memang kehadiran media berita online boleh dibilang masih bisa dihitung dengan jari. Dan transformasi berita dari media-media yang sebelumnya telah ada pun belum banyak yang mulai menjelajah ke dunia yang satu ini.

Ada banyak hal yang menarik ketika kita menelusuri satu persatu bagian dari halaman web Liputan6.com. Berikut beberapa catatan yang saya lihat dari sebuah portal website berita ini,

Pertama, jika kita perhatikan ternyata disadari atau tidak hampir seluruh konten berita di Liputan6.com berada diatas area yang berwarna putih. Mari kita kritisi, mengapa Liputan6.com memilih warna putih ini sebagai warna dasarnya?. Selidik punya selidik, ternyata warna putih ini menjadikan sebuah halaman web mampu dibuka lebih cepat, dibandingkan dengan kalau kita menggunakan warna lain, baik itu menggunakan sistem background-color ataupun background-image. Mengapa? Karena warna putih adalah warna default dari semua browser, sehingga tidak ada lagi proses penerjemahan warna ke warna yang lain ketika kita membuka sebuah halaman web.


Mari kita lihat beberapa situs berita luar negeri seperti ABCNews.com, CNN.com, dan mungkin juga situs-situs berita online besar dari luar negeri lainnya pun ternyata menggunakan konsep pewarnaan dasar yang sama.


Lalu, mari kemudian kita melangkah lebih jauh melihat konten dari portal ini. Liputan6.com. Dari sisi pengklasifikasian berita, Liputan6.com ternyata mampu menghadirkan klasifikasi berita menjadi kanal-kanal tersendiri yang menjadikan portal berita ini bukan hanya begitu besar namun juga tertata rapi. Misalkan saja ketika kita ingin mengetahui sajian berita mengenai bisnis, maka kita akan diberikan kemudahan dengan memilih secara mudah menu "Bisnis" di bagian Top Navigation website Liputan6.com (yang pastinya akan memudahkan setiap pengunjung yang membuka halaman ini) , atau kita juga bisa secara langsung meluncur dengan masuk ke kumpulan berita tersebut melalui subdomain http://bisnis.liputan6.com

Begitu juga ketika kita berharap untuk bisa mendapatkan informasi terkini dari jagat teknologi, kita bisa melakukan hal yang sama dengan memilih menu "Tekno" atau hanya dengan mengetik alamat url http://tekno.liputan6.com saja. Selain 2 kanal bisnis dan teknologi, kita juga akan disuguhkan dengan masih banyaknya kanal-kanal lain yang tersedia, ada kanal "News" untuk kumpulan berita yang ada, "Bola" untuk sajian berbagai kabar olah raga dari berbagai arena, "Showbiz" untuk kabar dari selebritis, "Health" untuk berbagai informasi kesehatan, "Foto" yang akan menghadirkan berita dalam bidikan kamera fotografi para fotografer handal, bahkan hingga kanal "Video" yang akan menyajikan berita dalam bentuk tontonan untuk kita semua. Luar biasa!

Apa yang dilakukan Liputan6.com dengan pengoptimalan kanal ini, saya kira menjadi salah satu cara agar Liputan6.com memang pantas dan bisa menjadi portal berita yang mampu menghadirkan berita terkini sercara cepat, aktual, serta dengan konten yang tajam dan terpercaya kepada masyarakat.


Kemudian, "Headline Berita". Di Liputan6.com saya lihat bagian ini bukan hanya menjadikan website tampak lebih menarik, namun juga mampu menggambarkan bagaimana secara global sajian berita-berita yang ada dalam sebuah website. Hal ini karena selain slide headline berita sama fungsinya ketika kita menonton headline berita yang biasanya disampaikan pada awal siaran berita di televisi. Disini, Liputan6.com cerdas dengan memilih 6 (enam) slide berita saja, sesuai namanya mungkin, yang menjadi sajian headline utama berita-berita yang ada. Menarik!

Kemudian di bagian bawah slide, Liputan6.com menghadirkan 3 buah tab, yang membagi berita menjadi tiga bagian, yakni tab untuk Berita Terkini, tab untuk Berita Terpopuler dan satu lagi tab untuk satu liputan khusus berita (biasanya sesuai dengan isu yang sedang marak dikaji saat itu). Mengapa harus tab? Ya, lagi-lagi kita disuguhkan dengan penempatan konten berita yang cerdas. Disini terlihat Liputan6.com begitu jauhnya berpikir kedepan akan keefektifan ruang sajian dari berita yang ada, sehingga dengan tetap menggunakan area website yang tidak begitu besar, namun dengan kita memilih tab-tab tersebut, kita bisa mendapatkan konten berita yang kita inginkan tanpa harus berganti menu secara leluasa.

Dari sisi script pemrograman, tab (yang didalamnya dipadu dengan teknologi bahasa javascript dan ajax ini) memiliki kemampuan untuk bisa menampung konten yang ada untuk bisa di load sekaligus pada saat awal halaman tersebut dibuka, sehingga pada saat-saat selanjutnya ketika pembaca meng-klik tab lainnya tidak ada lagi proses loading konten. Disini jelas Liputan6.com juga begitu memperhatikan kenyamanan pembacanya untuk mengunjungi website yang satu ini agar tidak direpotkan dengan lamanya waktu pada saat load konten yang ada.

Dibagian lainnya, berita-berita terbaru dari masing-masing kanal menjadi pelengkap halaman utama website ini. Sekitar 2 hingga 4 berita terbaru yang muncul di bagian ini, lengkap dengan gambar yang akan menuntun pembaca untuk meng-klik berita tersebut dan mendapatkan berita tersebut lebih detail di halaman selanjutnya.

Yang terakhir, pemilihan jenis font. Penggunaan font seringkali menjadi hal yang dilupakan bagi para penyaji berita, terkadang hal ini seolah menjadi masalah yang sepele. Padahal ternyata kenyamanan pembaca dalam menelusuri konten yang ada pada sebuah website akan sangat dipengaruhi olehnya. Liputan6.com sepertinya menurut saya telah berhasil menemukan jenis dan ukuran font yang mudah untuk dibaca dan nyaman untuk ditelusuri kata per katanya, sehingga mampu membuat betah pembaca ketika berada didalamnya.

Itu beberapa ulasan ketika kita membuka halaman website Liputan6.com dari PC. Lalu bagaimana jika kita menggunakan gadget?

Liputan6.com juga sepertinya begitu sadar akan semakin besarnya animo masyarakat untuk menggunakan media gadget ini dalam menjelajah dunia internet. Terbukti dengan Liputan6.com menggunakan proses pengecekan juga pada saat kita membuka halaman utama portal berita ini. Pengecekan itu yang biasanya tertuang dalam script pemrograman yang akan mengecek dari mulai apa jenis browser yang kita gunakan hingga ke berapa ukuran resolusi layar dari alat yang kita gunakan. Dari sana sebuah website akan menampilkan website yang disesuakan dengan ukuran yang ada. Tujuannya satu, agar mampu memberikan tampilan terbaik pada masing-masing layar sehingga pembaca tetap nyaman pada saat menelurusi satu persatu berita yang ada. Keren...!

Tidak berhenti disini, ternyata dari tampilan tersebut Liputan6.com pun sudah memilahnya dengan membuat sebuah halaman yang lebih sederhana agar bisa secara mudah diakses oleh pengguna gadget ataupun mobile. Halaman tersebut ditempatkan pada sebuah subdomain khusus yaitu http://m.liputan6.com, yang akan secara langsung membuka tampilan Liputan6.com pada versi mobile.

Tampilan Liputan6.com di iPhone

Lalu bagaimana dengan integrasi dengan sosial media?

Liputan6.com ternyata tidak hanya hadir di halaman web saja, namun juga dilengkapi dengan pintu akses kepada sosial media facebook dan twitter. Setiap informasi berita yang ada di Liputan6.com, juga ternyata ada di 2 sosial media terbesar tersebut. Kita bisa membuka halaman facebook-nya Liputan6.com di alamat http://www.facebook.com/liputan6online serta juga bisa mendapatkan informasi secara lebih cepat dengan menjadi follower di akun twitter Liputan6.com yaitu @Luputan6dotcom

Dari sini saya juga melihat, begitu besarnya keseriusan Liptan6.com untuk menjadi portal berita yang mampu selalu menyajikan berita terbaru, berita terkini paling cepat kepada masyarakat. Karena memang saat ini jumlah pengguna twitter dan facebook yang semakin besar, sehingga hal ini dijadikan pintu-pintu baru untuk Liputan6.com dalam memperluas jangkauan berita yang dimilikinya agar bisa dibaca oleh masyarakat yang lebih luas, bukan hanya pembaca langsung Liputan6.com, namun juga pengguna-pengguna kedua sosial media tersebut.

Teknologi Web 2.0

Teknologi web 2.0 adalah teknologi yang menyajikan konten tidak lagi satu arah, namun bersifat 2 (dua) arah antara penyaji berita dengan pembacanya. Liputan6.com menyediakan rubrik Citizen6, yaitu space untuk kita yang ingin berkontribusi mengirimkan tulisan ataupun liputan untuk bisa hadir di halaman Liputan6.com. Selain itu Liputan6.com juga menyediakan fasilitas kepada para pembaca untuk bisa memberikan komentar, mengkritisi, memberi masukan terhadap setiap informasi yang diberikan melalui fasilitas komentar.

Dan yang lebih mengasyikan adalah, fasilitas tersebut dipermudah dengan fitur Liputan6.com yang terintegrasi dengan sosial media facebook dan twitter, sehingga pembaca bisa memberikan komentar setelah melakukan login dengan menggunakan akun twitter ataupun facebook yang mereka miliki tanpa harus kembali memasukkan nama pada setiap komentar yang dikirim.

Apa Yang Masih Kurang di Liputan6.com?

Diluar berbagai kelebihannya, sepertinya Liputan6.com juga masih harus berbenah. Beberapa catatan kecil juga saya sertakan dalam tulisan saya ini,

Sebuah hal kecil misalnya, mengenai estetika, pada saat website menampilkan hasil pencarian setelah menggunakan textbox pencarian di bagian atas website, Liputan6.com menampilkan hasil pencarian dengan menggunakan font yang berbeda dengan font di halaman-halaman lainnya. Ini mungkin karena Liputan6.com menggunakan fasilitas google search, sehingga halaman hasil pencariannya menampilkan data menggunakan format standar dari google. Saya kira akan lebih baik jika kiranya dilakukan penyeragaman penggunaan jenis dan ukuran font disini.

Lalu kehadiran aplikasi, saat ini berbagai gadget dan smartphone canggih memang tengah menjamur di masyarakat. Pertumbuhannya seiring juga dengan bertumbuhnya jutaan aplikasi yang bisa diunduh oleh para penggunanya. Aplikasi-aplikasi dari mulai game hingga ke layanan konten berita mulai hadir disana. Sepertinya Liputan6.com juga alangkah lebih baiknya jika mulai memarkir aplikasi berita disana, sehingga kemudahan mengakses berita terkini Liputan6.com juga bisa hadir disana.

Kemudian, saya juga mencoba membandingkan kecepatan waktu untuk mengakses website ini dengan menggunakan sebuah website untuk speed tester, pingdom.com. Hal ini saya coba untuk mengecek kecepatan akses halaman portal website berita terkini Liputan6.com dengan CNN.com, ada sebuah bagian yang sepertinya bisa menjadi masukan bagi Liputan6.com. Ketika dilakukan pembandingan dengan waktu dan tempat yang sama, Liputan6.com dapat diakses dalam load time selama 6.65 second, dengan berat size halaman sebesar 1.5 MB. Sedangkan CNN.com hanya cukup diakses dalam waktu 3.13 second meskipun berat size halamannya 1.6 MB.
Liputan6.com v.s CNN.com

Mengapa bisa demikian? Ternyata ketika kita perhatikan konten yang ada didalam kedua website tersebut, ternyata Liputan6.com berisikan file image sebesar 1.2 MB, sedangkan CNN.com hanya 856 KB, itu berarti sepertinya dari sini Liputan6.com juga bisa mencoba untuk lebih mengefektifkan penggunaan gambar pada konten-kontennya. Mungkin bisa dengan menggunakan kulaitas resolusi gambar yang lebih rendah, atau kuantitatsnya yang dikurangi agar bisa diakses lebih cepat.

Terlepas dari itu semua, kehadiran Liputan6.com sebagai portal berita yang selalu berupaya untuk bisa menghadirkan berita terkini / berita terbaru lebih cepat kepada masyarakat patut mendapat apresisasi yang tinggi. Hal ini terbukti dengan perkembangannya dari waktu ke waktu selalu menuju ke arah yang lebih baik. Transformasi berita dari mulai berupa siaran berita, kemudian beranjak ke penyediaan portal berita, sampai kepada integrasi ke berbagai sosial media menjadi buktinya. Semoga kehadiran Liputan6.com inipun mampu menyokong penuh Liputan 6 sebagai media berita yang mampu untuk selalu bisa menghadirkan berita-berita terbaru lebih aktual, tajam dan terpercaya bagi kami masyarakat yang haus akan kebenaran informasi kapan saja, dimana saja.

2 komentar:

  1. Liputan6.com emang berat di gambarnya ya, secara itu setip berita pasti ada gambarnya gede-gede :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, semoga kedepan lebih baik :)

      Hapus