Jumat, 25 Oktober 2013

Dukung PLN Bersih, Dukung Indonesia Lebih Bersinar!

Ada semangat tersendiri ketika saya sebagai bagian dari masyarakat dunia maya ini memiliki kesempatan untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan papan atas negeri, Perusahaan Listrik Negara (PLN), untuk mendukung mereka dalam menjalankan program yang diberi nama PLN Bersih melalui catatan-catatan kecil kami para penggiat tulisan di media internet ini. Tidak heran memang, semangat mewujudkan sebuah konsep tatanan good governance yang lahir berawal dari sebuah cita-cita badan usaha milik negeri kita ini melalui pemberantasan praktek korupsi-nya saat ini seakan sedang berada di puncak masa kegemilangannya.

Masyarakat hari ini memang disuguhkan oleh lagi dan lagi kabar serta berita mengenai terbongkarnya satu-persatu kasus korupsi. Dari mulai praktek korupsi yang bernilai jutaan, milyaran hingga trilyunan rupiah atas kerugian negara, juga dari mulai kasus yang melibatkan lingkungan pemerintahan daerah hingga ke jajaran pusat di berbagai badan-badan usaha milik negara.

Sedih? Ya. Tapi sepertinya ini bukan seharusnya menjadikan masyarakat Indonesia diam dan terjatuh. Melainkan bangkit, berdiri dan menyuarakan lantang kepada dunia untuk bisa bersama memerangi praktek kecuarangan yang bukan hanya telah merugikan negara, namun juga telah menyakiti hati rakyat bangsa ini.

PLN, Pelopor BUMN Bersih

Logo PLN
Menjadi yang pertama menggelorakan semangat bebas praktek kecurangan sepertinya menjadi titik awal yang baik bagi sebuah Badan Usaha Milik Negara bernama PLN. Tidak dapat dipungkiri dimulai dari kehadiran era kepemimpinan pak Dahlan Iskan ketika menjabat sebagai Direktur Utama BUMN ini, semangat tersebut seakan terus menyemangati seluruh jajaran yang ada di dalamnya. Bahkan sampai saat ini ketika tumpu pimpinan sudah beralih sekalipun ke jajaran yang baru dan beliau hadir sebagai Menteri yang membawahi seluruh BUMN negeri kita, semangat tersebut masih tetap tumbuh.

Sebagai sebuah perusahaan milik bangsa pemasok kebutuhan listrik terbesar bagi masyarakat Indonesia, PLN memang bisa menjadi pelopor terciptanya sebuah tatanan baru yang lebih baik serta contoh bagi perusahaan lainnya. Ketika nanti satu persatu badan usaha milik negeri ini sudah memiliki komitmen untuk bisa terlepas dari berbagai praktek kotor korupsi, dan yang lainnya, maka hal ini tentu diharapkan akan bisa menjadikan tatanan perekonomian bangsa ini juga lebih baik kedepannya.

Apa Sebenarnya Gerakan PLN Bersih?

PLN Bersih adalah sebuah terobosan, sebuah keberanian sekaligus menjadi sebuah cita-cita besar bagi PLN dalam menjalankan roda aktifitasnya. Gerakan ini menjadi sebuah pemicu, peneguh serta penyemangat bagi seluruh bagian yang ada dalam perusahaan tersebut untuk mampu menghadirkan perusahaan dengan tatanan bebas dari parktek korupsi, suap, gratifikasi serta praktek-parktek kecurangan dalam berbagai aktifitas perusahaannya.

Tentunya bukan perkara yang mudah ketika sebuah perusahaan besar dengan ribuan karyawan, ribuan aset serta mungkin ribuan cabang yang telah berdiri di seluruh nusantara ini memiliki cita-cita yang satu ini. Menjadikan PLN sebuah badan usaha yang bersih dari praktek korupsi serta berbagai parktek sejenisnya. Menjalankan bisnis dengan tanpa harus bersinggungan dengan praktek-praktek tersebut menjadi sebuah tantangan yang besar.

Siapa saja yang bisa mendukung keberhasilan program PLN Bersih?

Keberhasilan sebuah program akan terwujud ketika berbagai komponen yang ada dalam sebuah instansi bersatu padu serta melangkah bersama dalam satu jalan mengawal program tersebut. Begitu juga didalam PLN, tentunya saya sebagai masyarakat akan melihat keberhasilan tersebut jika antara jajaran pimpinan dan seluruh komponen yang ada dibawahnya berjalan beriringan mewujudkan program ini. Sebuah komitmen dari para pucuk pimpinan PLN dalam mewujudkan program PLN bersih kita lihat dari dicetuskannya sebuah konsep sistem yang berlandaskan empat pilar, yaitu partisipasi, integritas, transparansi serta akuntabilitas.

Kita bisa lihat, pilar pertama yang mereka dahulukan adalah partisipasi. Ya, karena hanya dengan partisipasi atau keikutsertaan serta dukungan dari berbagai kalangan yang bersentuhan dengan kegiatan perusahaan yang akan memudahkan langkah selanjutnya PLN dalam mewujudkan program PLN Bersih ini. Partisipasi yang diharapkan, tentunya bukan hanya dari kalangan internal perusahaan, namun juga dari para pemangku kepentingan (stakeholder) hingga kepada kita sebagai masyarakat luas yang sangat penting keberadaannya dalam mendukung cita-cita besar ini.

Kapan sebuah peran aktif seluruh komponen diharapkan hadir?

Peran aktif seluruh jajaran baik itu dalam lingkungan internal perusahaan maupun eksternal akan sangat diperlukan kehadirannya dalam setiap kegiatan yang ada. Misalnya saja dalam sebuah tahapan perekrutan pegawai, pengadaan barang dan jasa , ataupun pelayanan pelanggan. Peran mereka sangat diperlukan untuk mengawalnya bersama, dari mulai konsep perencanaan yang matang, pelaksanaan yang sesuai prosedur yang berlaku serta sampai kepada proses evaluasi dari setiap kegiatan yang ada.

Tentunya tidak mungkin dari setiap proses akan melibatkan semua pihak secara langsung, namun bentuk peran aktif dari masing-masing pihak akan diperlukan pada setiap tahapan kegiatan yang ada. Saya melihat sebuah contoh misalnya dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa. PLN saat ini sudah sedemikian terbuka dalam merencanakan seluruh proses kegiatannya. Saya percaya untuk memutuskan sebuah proyek pengadaan tentunya para jajaran pimpinan PLN disana telah melihat besar kecilnya serta perlu tidaknya sebuah proyek pengadaan barang dilakukan. Setelah itu mereka secara terbuka akan memberikan kesempatan kepada siapa saja yang berminat untuk mengikuti proyek tersebut melalui tender terbuka, serta masyarakat secara langsung juga diberikan kesempatan untuk mengawasi tahapan tersebut hingga bisa melihat hasilnya melalui laporan keuangan yang dapat diakses bebas di website mereka, http://www.pln.co.id.

Laporan Keuangan PLN
Disini jelas, peran aktif semua pihak akan begitu penting untuk menyokong terlaksananya praktek tata usaha dari pemerintahan yang baik bisa terwujud di PLN.

Kita sadari kapanpun dan dimanapun kesempatan untuk berbuat praktek kecurangan selalu terbuka, untuk itu untuk mendukung terwujudnya program ini dengan baik, kapanpun atau dimanapun semua pihak melihat sebuah ketimpangan dari proses yang ada  maka mereka harus berani ambil bagian untuk meluruskannya agar tidak semakin jauh berbelok dari arah yang semestinya.

Mengapa harus PLN Bersih?

Perlu keteguhan sikap untuk benar-benar mewujudkan wacana besar ini. Integritas yang lahir dari hati, yang tumbuh pada jiwa setiap jajaran PLN diharapkan menjadi sebuah pematri yang kokoh untuk bisa menyokong terlaksananya program ini dengan baik. Dan dari sini, dari sebuah pelopor budaya bersih ini diharapkan akan semangatnya akan menular ke berbagai badan usaha lain yang akhirnya akan menjadikan negeri ini benar-benar bersih dari praktek korupsi.

Bagaimana mewujudkan PLN Bersih?

Keinginan PLN untuk menjadikan lingkungan perusahaannya terbebas dari berbagai praktek kecurangan terlebih praktek korupsi setidaknya sudah bisa kita lihat dari beberapa agenda yang ada. Dari sebuah buku kecil bertemakan "Saatnya Hati Bicara", sebuah buku yang dihadirkan oleh PLN agar bisa lebih dekat dengan masyarakat, kita bisa melihat bagaimana keseriusan tersebut dibangun oleh seluruh jajaran yang ada dalam PLN untuk bisa menjadi sebuah perusahaan yang bersih dari praktek korupsi.

Dari mulai proses perekrutan pegawai, PLN begitu sedemikian terbuka dan mengamanatkan untuk bisa merekrut hanya mereka-mereka saja yang memiliki kepribadian luhur untuk mengemban misi penting menjalankan roda perusahaan yang telah diamanatkan oleh bangsa ini. Kemudian beranjak setelah memiliki modal dasar, memiliki para pegawai yang berkualitas sebagai aset yang berharga perusahaan, PLN mencoba menjalankan kegiatan perusahaan dengan berlandaskan transparansi. Penggunaan teknologi informasi dimaksimalkan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya praktek kecurangan. Misalnya dalam sebuah pemesanan pemasangan jaringan listrik, kini PLN tidak lagi mengharuskan individu petugas PLN bertemu langsung tatap muka dengan pelanggan, namun pelanggan cukup dimudahkan dengan bebagai kemudahan teknologi yang ada, bisa melalui website ataupun telepon. Dan pada akhirnya transparansi serta akuntabilitas dari kinerja yang ada menjadi pokok yang penting, dengan menghadirkan laporan keuangan yang terbuka serta kesempatan yang luas bagi masyarakat umum untuk melaporkan berbagai tindak dugaan kecurangan dari PLN melalui layanan yang ada.


Lalu bagaimana peran aktif para Blogger mendukung program PLN Bersih?

Setelah kita mengetahui apa itu program PLN Bersih, siapa yang diharapkan terlibat, mengapa perlu adanya program tersebut hingga ke bagaimana untuk bisa mewujudkannya. Ini saatnya kita membahas bagaimana peran aktif kita sebagai para blogger mendukung program PLN tersebut?

Ada apa antara PLN dan Blogger?

Semakin terbuka luasnya akses informasi di dunia internet sepertinya menjadi sebuah alasan utama bagaimana PLN sebagai sebuah perusahaan besar ingin bekerja sama dengan para penggiat dunia tulisan di dunia maya ini. Tidak bisa dipungkiri memang, kini masyaraat begitu lebih mudah mendapatkan berbagai informasi dari berbagai konten yang ada di dunia internet daripada media lainnya. Hal ini tentu tidak terlepas dari kehadiran siapa dibalik penyedia informasi tersebut. Mereka adalah kita, para kuli pena yang kini lebih banyak menuliskan catatan-catatan kecil kita bukan lagi di sebuah buku namun di halaman-halaman blog.

Bagi saya sendiri, ini tentu sebuah kabar gembira, laksana sebuah pengakuan dari PLN terhadap jiwa-jiwa ini untuk bisa ikut serta menghadirkan tatanan bangsa yang lebih baik.

Siapa Blogger yang diharapkan bisa ikut berperan aktif?

Apakah harus ada kriteria khusus untuk menjadi seorang blogger yang berperan aktif dalam kegiatan PLN untuk mewujudkan PLN Bersih? Tidak. Siapapun yang memiliki keinginan serta cita-cita agar bisa memiliki negeri yang lebih baik serta seluruh komponen bangsa yang juga baik, itulah syarat utama yang diperlukan untuk menjadi blogger yang dimaksud. Saya kira tidak perlu harus lulusan dari sebuah universitas terkenal ataupun memiliki jam terbang yang banyak dalam dunia tulis menulis. Hanya mereka yang mau berkata jujur yang mau menuliskan apa yang mereka mau sampaikan dalam sebuah norma yang diharapkan untuk ada di sini, bergerak dan mengawal langkah PLN untuk bisa menjalankan aktifitas perusahaannya agar tetap sesuai dengan cita-cita utamanya sebagai sebuah perusahaan pelopor gerakan BUMN Bersih.

Kapan peran aktif para Blogger diperlukan?

Peran aktif para blogger dalam mendukung program PLN Bersih sangat diperlukan pada setiap kondisi. Sampaikanlah apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, serta apa yang kita rasakan dengan bijak untuk mendukung program yang ada. Kita bisa menyampaikan keluhan ketika PLN bertindak yang tidak sesuai dengan tindakan seharusnya, kita juga bisa menyampaikan pujian ketika memang mereka layak mendapatkan pujian atas kerja keras dan komitmennya.

Dimana peran aktif Blogger diperlukan?

Bagi seoarang blogger, tentunya dimanapun mereka menemukan kejanggalan maka disana mereka bisa segera mengambil bagian. Tentunya sesuai proporsi yang ada, layakknya sebagai masyarakat biasa kita bisa menggunakan berbagai fasilitas yang telah disediakan PLN untuk bisa ikut serta mendukung program yang ada, misalkan dengan menyampaikan informasi kepada PLN ketika terjadi dugaan penyimpangan.

Mengapa peran aktif Blogger diperlukan?

Informasi yang bisa ditulis oleh para blogger melalui tulisan-tulisannya, baik itu mengenai usulan, masukan, kritik, penghargaan serta keluhan tentunya menjadi sebuah input yang sangat berharga bagi PLN dalam menuju pelaksanaan program PLN Bersih. Hal ini perlu dan menjadi satu pintu masuk bagi mereka mengungkap kegiatan-kegiatan yang diduga bisa menjadi terbukanya praktek kecurangan didalam tubuh PLN.

Bagaimana peran aktif para Blogger?

Ketika berbagai media komunikasi telah disiapkan oleh PLN untuk bisa berinteraksi dengan masyarakat luas. Dimana diantaranya kita bisa menghubungi PLN secara aktif melalui layanan Call Center 123, atau bisa juga menggunakan layanan ISMS dengan mengirim pesan ke 8123, atau juga kita bisa menyampaikan informasi dengan mengisi formulir yang ada di halaman http://www.pln.co.id/kontak-kami/, serta kita juga bisa berkomunikasi melalui sosial media twitter pada akun @pln_123. Bagi kita para blogger, kita juga berkesempatan untuk bisa berkomunikasi dengan PLN dengan cara  menuliskan secara baik, kritik, saran keluhan ataupun rasa penghargaan kita melalui blog kita, tentunya sesuai norma yang ada untuk bisa nantinya tulisan tersebut dibaca oleh pihak PLN dan juga masyarakat luas.


Dan kiranya tidak berlebihan jika akhirnya saya menuliskan beberapa point sebagai bentuk nyata usulan saya untuk mendukung program PLN Bersih :

  1. Pegawai PLN sebagai ujung tombak PLN di mata masyarakat memang telah berupaya untuk menunjukkan bahwa mereka tidak diperbolehkan menerima uang ataupun bentuk lainnya dari pelanggan saat melayaninya di lapangan, namun masyarakat sendiri sepertinya belum banyak yang mengetahui keinginan PLN untuk bisa terbebas dari praktek suap tersebut. Atau terkadang tak jarang pula masih saja ada oknum-oknum yang mengatasnamakan pegawai PLN melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan peraturan perusahaan. Untuk itu saya kira PLN bisa mencoba untuk lebih pro aktif dalam mengkampanyekan agar masyarakat tidak perlu memberi apapun pada petugas PLN pada saat di lapangan, misalnya dengan menempelkan sticker berisi larangan tersebut di setiap rumah, mengabarkan lewat media televisi, dan sebagainya.
  2. Meskipun layanan konsumen PLN untuk bisa berkomunikasi dengan pelanggan begitu banyak, namun tidak jarang masyarakat memerlukan saat-saat untuk bisa menyampaikan informasi dugaan penyimpangan petugas di lapangan kepada pihak PLN secara tertutup. Untuk itu saya mengusulkan PLN memiliki sebuah sistem whistleblower yang akan mengakomodir kebutuhan tersebut agar masyarakat secara aman tanpa khawatir identitasnya diketahui bisa menyampaikan informasi tersebut. Lalu mereka juga bisa melihat sejauh mana pengaduan yang mereka kirim diproses oleh internal PLN serta apa hasilnya.

Semoga sebuah tulisan singkat ini bisa menjadi satu bagian dari terwujudnya keinginan akan memiliki negeri yang lebih baik, negeri yang  bersih dari praktek korupsi. Kita percaya, laksana sebuah sinar yang menerangi negeri ini, kami masyarakat bangsa ini masih membutuhkan sebuah layanan yang mampu menerangi perjalanan hidup bangsa yang besar ini. Dan kami percaya dengan sedikit apapun yang kita bisa lakukan, kita harus mendukung keinginan PLN untuk bisa hadir sebagai perusahaan yang bersih sehingga sinar itu akan lebih terang menerangi bangsa ini. Mari dukung PLN Bersih, dukung Indonesia lebih bersinar.

4 komentar:

  1. Tulisannya bagus gan, PLN Bersih perangi korupsi...

    BalasHapus
  2. Selamat ya mas, telah menjadi salah satu pemenang.

    BalasHapus