Senin, 04 November 2013

Menutup Tahun Ini, Membuka Harap di Tahun Depan

Ironis, tak banyak mungkin orang yang bergembira untuk menyambut perayaan pergantian tahun kali ini. Bahkan untuk sekedar mengetahui apa sebenarnya yang terjadi hingga akhirnya besok tanggal 5 November 2013 menjadi tanggal merah saja juga tak banyak yang mengingatnya. Juga untuk kami ummat Islam sekalipun.

Ashar ini adalah shalat terakhir yang Alloh perintahkan untuk kami hamba-hamba-Nya lakukan di tahun 1434 H. Dan maghrib yang sebentar lagi akan tiba menjadi pembuka lembaran baru di tahun yang baru,  tanggal 1 Muharam 1435 H.

1435 Hijriah, tak terasa berarti sudah 14 abad berlalu dari peristiwa akbar Hijrah Sang Rasul Muhammad SAW, yang membekali sebuah perhitungan tata waktu yang semestinya pula menjadi sebuah kebanggan bagi kita ummat Islam. Perhitungan dengan metode peredaran bulan, perhitungan kalender hijriyah.

Terlepas dari segala apa yang terjadi pada ummat ini, hanya helaan nafas yang terlampau berat untuk dinikmati.

Dan akupun menunduk malu atas segala kealfaan diri, ini bukan saatnya lagi mengamini hardik, caci serta makian bagi mereka. Namun ini saat yang tepat untuk mentafakuri diri, mengingat segala kesalahan yang ada, mensyukuri segala nikmat yang telah Alloh beri.

Yaa Rabb, jika lalai dan lupa masih saja menemani diri hingga di penghujung tahun ini. Izinkan kami memiliki kemampuan untuk bisa membawa diri ini dalam istighfar ketika tingkah dan polah mengarah kepada dosa dan maksiat. Berikan kami kekuatan untuk menghindarinya, wahai Engkau yang Maha Kuat , dan jangan pernah Engkau bosan untuk memberi ampunan untuk kami ketika lagi dan lagi khilaf menyertai kami, wahai engkau Alloh, Tuhan kami yang maha Pengampun atas segala khilaf kami hamba-hamba yang lemah...

0 comments:

Posting Komentar