Jumat, 03 Oktober 2014

Banyak Tempat Wisata Baru di Garut

Setelah bersusah payah mencari informasi tentang tempat wisata di Garut, akhirnya lebaran tempo hari kami jadikan ajang nekat menelusuri langsung salah satu tempat wisata di Garut. Terkadang memang mendapatkan informasi yang hanya sepotong-sepotong malah menjadikan kita bingung, apalagi jika informasi itu merupakan informasi yang penting yang sebetulnya kita butuhkan. Seperti halnya juga yang terjadi pada saat acara kumpulan keluarga kami tempo hari. Setelah melewati acara lebaran di hari pertama dan kedua, kami sebenarnya merencanakan untuk bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di Garut. Dan akhirnya, inilah cerita penjelajahan kami menemukan banyak tempat wisata baru di Garut.

18 Tahun tinggal di Garut menjadikan saya seakan menemukan kembali rasa tenang disini, ada rasa nyaman, ada rasa damai dan yang jelas semua membawa saya ke memori beberapa tahun ke belakang. Garut memang kota yang cukup sejuk dengan alam pegunungan dan bentang lahan pertanian di setiap sudutnya. Kota Garut berada di selatan pulau Jawa dan menjadi bagian dari propinsi Jawa Barat. Seiring dengan waktu berlalu ternyata Garut kini hadir dengan pesona-pesona barunya yang seakan baru terungkap ke media.

wisata garut, wisata di garut, obyek wisata di garut, wisata kuliner di garut, darajat pass garut
Ada banyak tempat wisata yang sebelumnya saya kenal di Garut ini, seperti misalnya wisata budaya di Candi Cangkuang, wisata alam di Situ Bagendit, wisata pantai di pantai Santolo, Sayang Heulang dan sederet nama pantai lainnya, wisata pertanian di perkebunan teh Cikajang, wisata air panas di Cipanas, wisata kuliner di Kadungora dan beberapa tempat wisata lainnya.

Nah ceritanya saat ini kami mendapatkan informasi bahwa di Garut ada wisata kompilasi, wait kompilasi? Ya, wisata kompilasi adalah wisata campur aduk yang kami istilahkan dan ternyata kini hadir di kota intan ini. Niat kami adalah ingin menikmati keindahan alam Garut, juga menikmati wisata air panas, juga ingin membawa anak having fun disana. Eh ternyata kami menemukan wisata kompilasi ini di Darajat Pass Garut. Darajat Pass merupakan obyek wisata baru di Garut. Berada di wilayah kecamatan Samarang, Darajat Pass ternyata hanya satu dari sekian banyak pemandian air panas yang baru dilirik oleh banyak pengunjung disana.

wisata garut, wisata di garut, obyek wisata di garut, wisata kuliner di garut
Jika kita dari arah Jakarta, maka untuk mengunjungi kawasan Darajat Pass kita bisa menelusurinya mulai dari persimpangan Nagreg. Dari persimpangan Nagreg kita akan mengambil jalur kanan yang nantinya akan membawa kita menikmati keindahan alam Garut. Sekitar 15 Km kita akan menelusuri area bukit dan pesawahan yang terbentang di kanan-kiri jalan. Kawasan yang kita lalui tersebut adalah Kadungora, Leles, Leuweung Tiis. Perjalanan akan berlanjut sampai  kita menemukan gerbang "Selamat Datang di Kota Intan", gerbang tersebut berada di kawasan Tarogong. Dari sana kita masih lanjut perjalanan sampai menemukan bundaran Tarogong, di bundaran tersebut ada monumen Adipura.

Dari Bundaran tersebut kita lanjutkan perjalanan ke arah kanan sampai menemukan persimpangan kedua yang akan mengajak kita untuk memasuki kawasan kecamatan Samarang. Dari Samarang kita lanjutkan perjalanan dengan dengan medan pendakian karena kita akan menuju puncak Darajat. And Finally, sekitar 10 Km dari pusat kota Samarang kita akan menemukan wisata kompilasi berupa pemandian air panas lengkap dengan keindahan alam dan arena bermain air anak.

Darajat Pass hanya merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata di Garut. Percaya deh, ketika kita mencoba memberanikan diri untuk menyinggahi kota ini, maka anda akan menemukan obyek-obyek wisata baru yang kini semakin terlihat jelas untuk bisa kita nikmati keindahannya. Selamat berwisata ...


1 komentar:

  1. tempat wisata di garut memang lengkap...ada semua pokonya... btw sekarang ada pemandian air panas loh dikawah papandayan

    BalasHapus