Pembuka Pintu Rezeki Itu Ada Di Hadapan Mata Ini

pembuka pintu rezeki, agar dilapangkan rezeki, agar dilancarkan rezeki, agar dibuka pintu rezeki, rahasia rezeki dari Alloh, doa dilapangkan rezeki, ayat alquran tentang rezeki
Sebuah email masuk bertitelkan 7 hal yang bisa menjadi pembuka pintu rezeki dan memperlancar rezeki masuk di layar komputer saya. Saya terhenyak sejenak. Seakan menjadi jawaban atas beberapa kali pinta saya belakangan ini, Alloh mengirimkan jawabannya melalui seseorang yang telah mengirimkan email tersebut sampai dihadapan mata ini. Setidaknya perasaan itu yang saya harapkan ketika perlahan jari ini mengarahkan sebuah cursor membuka detail dari email tersebut.

Sebuah kondisi masyarakat yang memang terlalu sering kali kita temui ketika saya membuka isi dari email tersebut. Keluh kesah, tangis dan takut akan keberadaan rezeki, keinginan bertambah berkah dari rezeki yang ada, semua secara gambalang dpaparkan dalam isi email tersebut. Beginilah kondisi kita sekarang, kondisi masyarakat yang terlalu mudah untuk bersu'udzon akan maksud dan taqdir Alloh. Kondisi masyarakat yang terlalu mudah untuk menyerah ketika do'a mereka tidak tampak sedikitpun tanda-tanda akan dijawabnya oleh Alloh, sang maha Kuasa, maha Perkasa. Na'udzubillah...

Saya melanjutkan membaca isi email tersebut.

Ternyata benar, ketika satu persatu saya resapi, semua dari 7 hal yang dipaparkan semua ada di saya sendiri. Astaghfirulloh, maafkan hamba ya Alloh...

Hal pertama yang dikatakan menjadi penghalang kita akan terbukanya pintu rezeki adalah ternyata kurangnya ketakwaan kita kepada Alloh, sehingga tentu untuk membuka dan memperlancar rezeki kita maka jawaban pastinya adalah kita harus menambah ketaqwaan kita kepada Ia sang pencipta. Takwa merupakan salah satu sebab yang dapat mendatangkan rizki dan menjadikannya terus bertambah. Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman, artinya, “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tidada disangka-sangkanya.” (At Thalaq 2-3)

Hal kedua yang bisa menjadi pembuka pintu rezeki kita adalah perbanyak istighfar dan taubat. Air mata ini mulai membasahi ujung pelapak mata. Ya Robb, memang betul, terlalu banyak dosa hamba ini ya Robb... “Maka aku katakan kepada mereka : ”Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun” niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. 71:10-12)

Hal ketiga adalah berusaha dengan maksimal. Saya teringat memang dengan sebuah firman Alloh juga yang menyatakan bahwa tidak akan berubah suatu kaum sehingga kaum tersebut berusaha untuk mengubahnya sendiri. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka.” (QS 13:11)

Hal keempat yang disebutkan akan bisa membuka puntu rezeki kita adalah ternyata Tawakkal kepada Alloh. Ya, hanya kepada Alloh! Kini air mata itu mulai turun ke pipi, saya pun menyeka-nya. Ya terlalu banyak kita mengumbar rasa tawakkal kita itu kepada orang lain, kepada ummat yang padahal tidak memiliki sedikitpun akan daya dan upaya akan hidup kita. “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. 65:3)

Hal kelima yang bisa memperlancar rezeki kita adalah perbanyak silaturahim. Kita memang saat ini terlalu sibuk untuk bisa berkomunikasi, berjabat tangan atau bahkan meski hanya berganti sapa menanyakan kabar saudara-saudara kita. Padahal ternyata dalam sebuah hadits disebutkan bahwa seperti ini, Sabda Nabi Shalallaahu alaihi wasalam, artinya “Dari Abu Hurairah ra berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda, “Siapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah menyambung silaturrahim.” (HR Al Bukhari)

Hal keenam pembuka pintu rezeki kita adalah Infaq di jalan Alloh. Saya tersenyum, konsep ini konsep yang sering kali saya dapati ketika mengikuti ceramah-ceramah dari seorang ustadz Yusuf Mansyur, yang memang konsep tersebut begitu terbukti kehebatannya menurut beliau. Ingin apapun, kuncinya sedekah. “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. 34:39)

Hal terakhir sebagai kunci ketujuh pembuka pintu rezeki kita adalah seriuslah dalam beribadah. Berusaha khusyu. Tempatkan diri ini serendah mungkin dihadapan Alloh. Sadari betul akan begitu kecilnya diri ini. Sadari betul akan begitu lemahnya jiwa ini. “Wahai Anak Adam Bersungguh-sungguhlah engkau beribadah kepada Ku, maka Aku akan memenuhi dadamu dengan kecukupan dan Aku menanggung kefakiranmu. Jika engkau tidak melakukan itu maka Aku akan memenuhi dadamu dengan kesibukan dan Aku tidak menanggung kefakiranmu.”

Sayapun berucap hamdalah ketika menutup email atas 7 hal pembuka pintu rezeki tersebut. Alhamdulillah ya robb, semoga ini bisa menjadi penyadar diri, penggugah semangat, serta penambah keyakinan akan hadirnya satu waktu yang akan mengantarkan diri ini untuk berada di posisi kehidupan yang lebih baik, insyaAlloh. Karena Alloh masih maha sempurna, sehingga tak ada yang bisa kita harapkan selain Ia. Karena Alloh masih maha kuasa, sehingga tak ada yang bisa kita minta pertolongannya selain dari-Nya. InsyaAlloh...


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.